Menlu AS Kunjungi Arab Saudi

Riyadh, MINA – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken tiba di Arab Saudi Selasa (6/6), untuk bertemu Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MbS) guna memperbaiki dan menstabilkan hubungan yang tegang antara Washington dan Riyadh.

Selama bertahun-tahun, perbedaan pendapat tentang berbagai masalah, termasuk Iran, keamanan regional, hingga harga minyak, telah memperdalam jurang pemisah antara kedua negara, DW Kantor Berita Jerman melaporkan.

Saat bertemu, Blinken dan MbS fokus membahas peningkatan kerja sama ekonomi, khususnya di sektor energi bersih dan teknologi, menurut pernyataan dari Departemen Luar Negeri AS.

Selain Putra Mahkota, Blinken telah menjadwalkan pertemuan dengan pejabat tinggi Saudi lainnya di Riyadh dan Jeddah.

Kunjungan pertama Blinken ini terjadi setelah kunjungan tingkat tinggi oleh Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan, yang melakukan perjalanan ke Arab Saudi pada 7 Mei lalu.

Tujuan dari perjalanan Blinken termasuk membangun kembali pengaruh atas harga minyak, melawan pengaruh Cina dan Rusia di wilayah Timur Tengah, serta menumbuhkan harapan untuk normalisasi hubungan antara Arab Saudi dan Israel.

Saat berbicara di American Israel Public Affairs Committee, Blinken mengatakan, mengadvokasi normalisasi hubungan diplomatik antara Israel dan Arab Saudi sejalan dengan kepentingan keamanan nasional AS. Namun, dia mengingatkan normalisasi seperti itu tidak akan terjadi dengan cepat. (T/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.