Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menlu, DPR Bahas RUU Pertahanan dan Kerja Sama dengan Negara Lain

sajadi - Rabu, 19 Juni 2024 - 22:59 WIB

Rabu, 19 Juni 2024 - 22:59 WIB

3 Views

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi. (Foto: Okezone)

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dan Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M. Herindra, bersama dengan Komisi I DPR RI membahas rancangan undang-undang (RUU) kerja sama pertahanan dengan lima negara, yakni Brasil, Prancis, Kamboja, India dan Uni Emirat Arab.

Namun Menlu Retno menekankan, kerja sama tersebut bukan merupakan pakta pertahanan atau aliansi militer tetapi penguatan kerja sama dalam rangka menjaga integritas wilayah Indonesia

“Perjanjian kerja sama pertahanan dengan mitra, dibuat untuk mendapatkan manfaat strategis antara lain peningkatan kapasitas pertahanan, transfer teknologi, riset bersama, peningkatan kapasitas SDM di bidang pertahanan,” kata Retno di Jakarta, Rabu (19/6).

Menlu wanita pertama Indonesia itu menyebut, pembentukan kerja sama tersebut semakin penting dilakukan karena dapat meningkatkan ketahanan nasional Indonesia di tengah dunia yang semakin dipenuhi ketidakpastian dan rivalitas geopolitik semakin tajam.

Baca Juga: Jumlah Santri Mendaftar di Ponpes Al-Fatah Cileungsi Meningkat

Di Eropa, perang Rusia-Ukraina berkobar sejak Februari 2022. Sejauh ini, belum ada tanda-tanda gencatan senjata meski banyak usulan damai yang diajukan.

Timur Tengah juga membara usai pasukan Israel melancarkan agresi militer ke Gaza sejak Oktober 2023. Imbas operasi itu, lebih dari 37.000 warga Palestina syahid dan ribuan fasilitas sipil hancur.

Di Laut China Selatan juga terus memanas karena perselisihan China dan Amerika Serikat terutama soal Taiwan. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: BMKG: Ingatkan Adanya Potensi Cuaca Ekstrem Senin

Rekomendasi untuk Anda