Menlu Kelompok BRICS Hadiri Pertemuan Puncak di Cape Town

(Foto: iStock)

Cape Town, MINA – Para menteri luar negeri kelompok BRICS dari negara-negara berkembang utama sedang berada di Afrika Selatan, menghadiri pertemuan puncak yang bertujuan membahas perluasan dan strategi lain untuk menetapkan blok tersebut sebagai alternatif utama bagi dominasi geopolitik Barat.

Para diplomat tertinggi BRICS — Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan — berencana berdiskusi selama KTT Cape Town yang dimulai pada Kamis (1/6), aplikasi keanggotaan dari hampir 20 negara dari Afrika, Amerika Latin, dan Asia, termasuk Iran, India, Mesir, Turki, Meksiko, dan Nigeria.

China, bagaimanapun, dilaporkan akan diwakili oleh seorang wakil menteri. Press TV melaporkan.

Pembicaraan berfungsi sebagai pendahuluan untuk pertemuan puncak pada Agustus di Johannesburg, dengan analis mengatakan, diskusi akan fokus pada peningkatan perdagangan dengan mata uang lokal, memperdalam hubungan di antara anggota saat ini dan mengakui yang baru, termasuk negara-negara penghasil minyak utama.

Baca Juga:  Australia: Upaya Palestina Jadi Anggota PBB Bangun Momentum Perdamaian

Iran, Venezuela, Aljazair, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Argentina termasuk di antara daftar negara yang secara resmi mengajukan permohonan untuk bergabung atau menyatakan minat, menurut laporan pers yang mengutip pejabat BRICS.

Para pemimpin kelompok tersebut memutuskan untuk memperluas keanggotaan di tengah meningkatnya polarisasi geopolitik yang berasal dari konflik Ukraina yang berkecamuk yang sekali lagi menyoroti meningkatnya kecenderungan pemerintah Barat pimpinan AS untuk menggunakan sanksi ekonomi sebagai instrumen kunci untuk memaksakan kehendak mereka pada negara lain.

Diskusi tentang Bank Pembangunan Baru BRICS, yang menghentikan pendanaan proyek di Rusia untuk mematuhi sanksi, diperkirakan akan dilakukan pada hari Kamis, kata sumber Kementerian Luar Negeri Afrika Selatan.

Baca Juga:  Afsel Selenggarakan Konferensi Dunia Menentang Apartheid Israel

Dari Iran, Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian menghadiri pertemuan di Cape Town.

Baik Rusia dan China telah menyambut aplikasi Iran dan perluasan kelompok itu untuk memasukkan pusat kekuatan internasional.

BRICS adalah pesaing yang meningkat untuk kelompok G7 negara industri Barat. Perekonomian negara-negara anggota memiliki lebih dari 40% penduduk dunia dan hampir seperempat produk domestik bruto dunia. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf