Menlu Retno Akan ke Rusia Bahas Kunjungan Vladimir Putin ke Indonesia

Juru Bicara Kemlu RI, . Foto:Nidiya/MINA

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Rusia pada 12-13 Maret serta melangsungkan pertemuan bilateral dengan Menlu Rusia Sergey Lavrov.

“Pertemuan tersebut akan membahas tentang kunjungan Presiden Rusia ke Indonesia, kunjungan ini pun merupakan kunjungan balasan dari Menlu Rusia ke Jakarta pada Agustus lalu,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, di Jakarta, Kamis (9/3).

Ia mengatakan, sampai saat ini belum ada waktu yang ditentukan, masih pada tahap pencarian jadwal yang tepat untuk kunjungan Vladimir Putin tersebut.

“Adapun beberapa isu yang akan diangkat dalam pertemuan bilateral dengan Menlu Rusia yaitu mengenai kerja sama ekonomi, sera isu-isu kawasan dan global,” ujarnya.

Tidak hanya itu, tidak menutup kemungkinan situasi Ghouta Timur akan menjadi pembahasan dalam topik pertemuan tersebut.

”Selama ini kita juga selalu bahas isu-isu global seperti perdamaian di Afghanistan, Rakhine, dan yang lainnya,” kata Arrmanatha.

Ia menambahkan, Indonesia juga akan menyampaikan rencana pencalonannay menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB.

Selain itu, Indonesia juga akan meminta fleksibilitas bebas visa bagi warga negara Indonesia yang berkunjung ke Rusia.”Saat ini warga kita yang ada di Rusia cukup banyak, tercatat pada 2017 terdapat 12 ribu WNI yang ke Rusia,” jelasnya.

Mengenai kerja sama ekonomi, nilai perdagangan Indonesia-Rusia meningkat sebesar 20 persen dari 2016. Nilai perdagangan kedua negara pada 2017 mencapai USD 2,5 miliar. (L/R04/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.