Menlu Retno dan Menhan Prabowo Ke Jepang Hadiri Pertemuan 2+2

Tokyo, MINA – Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi bersama Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto akan melakukan kunjungan ke Tokyo, Jepang, pada 28-30 Maret 2021.

Kunjungan kedua menteri tersebut sebagai salah satu tindak lanjut dari hasil kunjungan Perdana Menteri Jepang SUGA Yoshihide ke Jakarta pada Oktober 2020 lalu.

Agenda utama kunjungan melakukan Pertemuan 2+2 yang kedua antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan kedua negara. Pertemuan pertama diadakan tahun 2015 yang lalu. Demikian keterangan dai Kemenlu RI, Jumat (26/3).

Selama di Jepang, kedua menteri juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan masing-masing mitranya, yaitu Menteri Luar Negeri MOTEGI Toshimitsu dan Menteri Pertahanan KISHI Nobuo.

Dalam rangkaian pertemuan dimaksud kedua belah pihak akan membahas berbagai isu yang menjadi kepentingan bersama. Di antaranya upaya bersama menangani pandemi Covid-19, percepatan pemulihan ekonomi masing-masing negara dan kawasan, kerja sama di bidang pertahanan, serta isu-isu strategis regional dan global.

Kunjungan ini merefleksikan arti penting Kemitraan Strategis RI-Jepang, yang terus berkembang sejak tahun 2005, terutama dalam mempererat kerja sama di masa pandemi Covid-19 yang penuh tantangan ini.

Jepang merupakan mitra dagang Indonesia kedua dengan total nilai perdagangan USD 24,3 miliar. Ekspor Indonesia ke Jepang pada tahun 2020 senilai USD 13,6 miliar atau di peringkat 14. Jepang juga adalah investor ke-4 terbesar di Indonesia.

Pertemuan 2+2 pertama diselenggarakan di Tokyo pada tahun 2015.(R/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.