Menlu RI: ASEAN Serahkan 1,1 Juta USD Bantuan Kemanusian Untuk Myanmar

Foto: Kemlu RI

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan, gelombang pertama bantuan kemanusiaan berupa peralatan kesehatan senilai 1,1 juta USD telah diserahkan pada Myanmar Red Cross Society (MRSC).

“MRSC telah mendistribusikan oksigen kepada empat Rumah Sakit di bulan September dan berbagai alat kesehatan ke lima Rumah Sakit,” ujar Retno kepada wartawan usai melakukan pertemuan Menlu ASEAN (AMM), Senin (4/10).

Sebelumnya, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Yangon telah menyerahkan bantuan kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar di warehouse MRCS sebesar 200.000 USD.

Selain itu, Sekretariat ASEAN dan AHA Centre saat ini bekerja sama dengan UNICEF dan UNOCHA untuk menjajaki kemungkinan pelaksanaan program vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat Myanmar.

Dalam pertemuan tersebut, Utusan Khusus ASEAN untuk Myanmar menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dalam rangka implementasi lima konsensus yang telah disepakati sebelumnya (5PCs).

Utusan Khusus menyampaikan adanya tantangan, termasuk masalah kunjungan dan akses untuk bertemu dengan semua pihak.

Oleh karena itu, sebagian besar negara anggota ASEAN dalam pertemuan itu menyampaikan kekecewaan terhadap implementasi 5PCs yang belum dijalankan dengan sepenuhnya.

“Sebagian negara menyampaikan bahwa ASEAN tidak boleh bersikap business as usual…mencermati perkembangan ini,” ujar Menlu RI. (R/RE1)

Mi’raj News Agency (MINA)