Jepang Akan Tambah Bantuan Kemanusiaan untuk Myanmar

Tokyo, MINA – Pemerintah Jepang, Selasa (28/2) mengumumkan akan memberikan bantuan kemanusiaan tambahan senilai USD60,3 juta ke Myanmar.

Seperti dikutip dari Anadolu Agency, hal tersebut dilakukan untuk menanggapi peningkatan pesat dalam kebutuhan bantuan kemanusiaan karena situasi yang memburuk sejak tahun lalu.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Jepang dalam sebuah pernyataan menjelaskan, bantuan tersebut akan menjangkau orang-orang yang membutuhkan melalui organisasi internasional, seperti UNHCR, UNICEF, WFP, dan Pusat Koordinasi Bantuan Kemanusiaan untuk Penanggulangan Bencana ASEAN (AHA Centre).

“Jepang akan menyediakan makanan, barang-barang medis dan tempat berlindung serta infrastruktur air dan sanitasi, bahan peningkatan gizi, layanan medis, bantuan pendidikan, dan upaya untuk memerangi obat-obatan terlarang,” kata Kemlu Jepang.

Sejak kudeta militer pada 1 Februari 2021, Jepang mengatakan berbagai wilayah di Myanmar masih mengalami kekerasan.

“Akibatnya, situasi kemanusiaan di Myanmar terus memburuk,” kata pernyataan itu.

Sekitar 17,6 juta orang Burma, termasuk pengungsi internal membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Hingga saat ini, Jepang telah memberikan lebih dari USD47 juta bantuan kemanusiaan ke Myanmar dalam dua tahun terakhir melalui organisasi internasional dan LSM.

“Jepang akan terus secara aktif memberikan bantuan kemanusiaan, sambil mendesak pihak Myanmar untuk memberikan akses kemanusiaan yang aman dan tanpa hambatan,” kata Kemlu Jepang. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.