Menlu RI: Belanda Bantu Tiga Juta Vaksin Covid-19 untuk Indonesia

Den Haag, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan, Pemerintah Belanda akan memberikan bantuan tiga juta dosis vaksin jadi Covid-19 ke Indonesia.

“Salah satu hasil yang konkret adalah keputusan Pemerintah Belanda untuk memberikan ke Indonesia sebesar tiga juta vaksin jadi,” ujar Retno kepada wartawan usai pertemuan dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di Den Haag, Kamis (1/7).

Selain itu, Indonesia dan Belanda juga menjajaki kerja sama yang serupa untuk obat-obatan terapeutik.

“Tentunya pembicaraan terkait dengan kerja sama kesehatan saya lakukan dengan terus berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan Indonesia,” ujar Menlu RI dalam kunjungannya ke Belanda.

Selain masalah vaksin dan obat-obatan, dalam pertemuan baik dengan PM maupun Menlu Belanda, pembicaraan juga menyinggung mengenai kelapa sawit, vegetable oils, dan SDGs.

Baca Juga:  Indonesia-Arab Saudi Tambah Rute Penerbangan Baru Jamaah Haji 2024

Belanda merupakan salah satu importir terbesar kelapa sawit Indonesia di Uni Eropa dengan 15 persen.

Sejauh ini, antara telah berlangsung kerja sama untuk meningkatkan sustainability kelapa sawit, yaitu melalui Kerja Sama Produksi Kelapa Sawit Berkelanjutan.

Program itu sudah berlangsung sejak 2019-2023, yang berarti berjalan selama 5 tahun, senilai EUR 5 juta dan memberikan program-program produksi kelapa sawit berkelanjutan bagi petani-petani Indonesia di Sumatra dan Kalimantan, termasuk dukungan kepada petani kecil dalam memenuhi sertifikasi ISPO.

“Ke depannya, kerja sama ini akan diperluas untuk juga mencakup minyak nabati lainnya dalam konteks kontribusi terhadap SDGs 2030.” ujar Menlu RI. (R/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.