Menlu RI Bertemu Sekjen PBB di New York

Menlu RI Bertemu Sekjen PBB di New York (foto: Kemlu RI)

New York, MINA – Mengawali rangkaian High Level Week (HLW) Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-77 di New York, Amerika Serikat, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Ahad (18/9).

Pertemuan dengan membahas berbagai isu global yang menjadi perhatian bersama, termasuk Presidensi Indonesia di G20.

menjelaskan mengenai persiapan KTT G20 di Bali 15-16 November 2022. Ia sampaikan apresiasi atas konfirmasi kehadiran Sekjen PBB di KTT G20 nanti. Retno juga sampaikan mengenai pentingnya KTT G20 dapat menghasilkan kerja sama konkret yang bermanfaat bagi dunia.

Selain itu, Menlu RI juga melakukan tukar pikiran mengenai perkembangan Myanmar. Keduanya memiliki keprihatinan dan kekecewaan yang sama terhadap Junta Militer Myanmar yang tidak menunjukkan komitmen untuk 5 Point of Consensus (5PC) yang telah dimandatkan oleh Pemimpin ASEAN, April 2021.

Sekjen PBB menyampaikan kembali dukungannya terhadap 5PC ASEAN. Komunikasi dan koordinasi Indonesia dengan PBB akan semakin intensif mengingat Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN pada 2023.

​Sidang ke-77 Majelis Umum PBB dibuka pada 13 September 2022. HLW berlangsung tanggal 20-26 September 2022 di markas besar PBB di New York, Amerika Serikat. Tema HLW tahun ini adalah “A watershed moment: transformative solutions to interlocking challenges. (R/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)