Menlu RI Hadiri KTT OKI di Jeddah

Menlu RI menghadiri KTT OKI di Jeddah (Instagram)

Jeddah, MINA – Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menghadiri Pertemuan Tingkat Menlu dan Pertemuan KTT Organisasi Kerjasama Islam (OKI) ke-14 di Jeddah dan Mekah yang berlangsung pada tanggal 29-31 Mei.

Di sela-sela KTT OKI ke-14, Menlu Retno melakukan pertemuan bilateral dengan negara-negara anggota OKI dengan membahas berbagai isu, termasuk Palestina dan Rohingya.

Pertama, Menlu Retno bertemu dengan Menlu Bangladesh AK Abdul Momen. Mereka membahas tentang upaya repatriasi pengungsi Rohingya dari Cox’s Bazar ke Negara Bagian Rakhine di Myanmar.

Retno menggarisbawahi pentingnya repatriasi pengungsi Rohingya yang aman, sukarela dan bermartabat dari Cox Bazar ke Negara Bagian Rakhine.

Ia menambahkan, berbagi kemajuan mengenai upaya-upaya praktis ASEAN untuk membantu persiapan pemulangan tersebut.

Kedua, Menlu Retno melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Pakistan Shah Mahmood Qureshi. Mereka sempat membahas isu Palestina dan Afghanistan.

“Kami berdua berkomitmen mendukung Palestina. Kami juga berkomitmen untuk berkontribusi dalam membawa perdamaian di Afghanistan,” kata Retno.

Sebelumnya, Menlu Retno melakukan pertemuan yang dengan Menlu Arab Saudi Ibrahim bin Abdulaziz Al-Assaf di Jeddah.

Kedua Menlu tersebut membahas persiapan pembentukan Dewan Pemimpin Indonesia-Arab Saudi dan juga membahas kerja sama antara Aramco – Pertamina dan sepakat mendorong tim teknis untuk bertemu. (T/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)