Menlu Tegaskan Indonesia Bukan Lagi Daftar Merah Covid-19

New York, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi meminta beberapa negara agar mengeluarkan Indonesia dari status redlist atau daftar merah Covid-19.

Hal tersebut Retno sampaikan di 18 pertemuan bilateral pada sela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-76, 23-24 September 2021 di New York, Amerika Serikat.

“Secara khusus, terhadap beberapa negara yang masih menerapkan redlist, saya minta agar situasi di Indonesia saat ini dapat dipertimbangkan untuk mengubah status redlist tersebut,” kata Menlu dalam keterangan pers virtual, Sabtu (24/9).

Sebagai contoh, Menlu mengatakan, Perancis sudah mengeluarkan Indonesia dari daftar merah Covid-19.

Menlu juga menyampaikan penurunan kasus positif Covid-19 di Indonesia saat ini rata-rata di bawah 2 persen, di bawah standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebesar 5 persen.

Selain itu, pada pertemuan tersebut dibahas mengenai keprihatinan terhadap ketimpangan, diskriminasi dan politisasi vaksin Covid-19.

“Saya juga membahas bagaimana kedepan dunia dapat memperkuat tata kelola kesehatan global sehingga mampu mengantisipasi potensi pandemi di masa yang akan datang,” tambahnya. (R/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)