Menlu Thailand di Jakarta

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai di Gedung Pancasila, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat pada pukul 10:40 WIB, Rabu (13/3).

Pertama-tama Menlu Retno menyampaikan dukungan Indonesia terhadap Thailand sebagai ketua ASEAN. Kemudian, kedua Menlu membahas seputar hubungan Indonesia-Thailand dan mengenai isu-isu terkait ASEAN, termasuk penyelesaiannya perdamaian di negara bagian Rakhine, Myanmar.

“Selama pertemuan hari ini, kami membicarakan soal isu penting terkait dengan ASEAN. Pertama soal perdamaian penduduk Rohingya di Rakhine, Myanmar, dan kedua soal perkembangan konsep The ASEAN Outlook Indo-Pacific,” ujar Menlu Retno.

Retno mengatakan tim penugasan yang telah berada di Myanmar telah menyelesaikan misinya hari ini. Dia bersama Menlu Thailand sedang menunggu hasil dari tim tersebut dan akan menindaklanjutinya.

Retno mengatakan pihaknya juga membahas perkembangan konsep yang dibuat Indonesia untuk perjanjian kerja sama Indo-Pasifik. Ia pun mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh Menlu Thailand terhadap konsep tersebut.

Oleh karena itu, untuk lebih memperkuat kerja sama Indo-Pacific, Indonesia akan mengadakan dialog tingkat tinggi pada 20 Maret 2019 yang akan diikuti sebanyak 18 negara. (L/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)