Menpora Buka Kuliah Virtual Kewirausahaan Bersama UBK

Jakarta, MINA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali secara resmi membuka dan memberi motivasi pada kuliah kewirausahaan secara virtual bersama , Jakarta.

Pada kesempatan itu, Menteri Zainudin menyemangati mahasiswa untuk punya jiwa kewirausahaan. Demikian dalam keterangan tertulis yang diterima MINA, Sabtu (26/9).

Menpora berharap mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dapat mengikuti materi dan bisa menjadi wirausahawan yang sukses, serta mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

“Saya kira kerjasama ini bagus. Memang ini menjadi program kita, kami medorong anak muda punya semangat kewirausahaan. Ke depan tantangan kita semakin besar, harus dimanfaatkan dengan baik,” kata Menpora Zainudin.

Ia menambahkan, ada lima program prioritas Kemenpora 2020-2024:

Pertama, perbaikan tata kelola, kompetensi ASN, penyederhanaan regulasi, penyesuaian birokrasi dan peningkatan kecepatan pelayanan publik. Kedua, pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri, dan berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan.

Ketiga, penguatan ideologi pancasila dan karakter serta budaya bangsa di kalangan pemuda. Keempat, pemassalan dan pemasyarakatan olahraga yang menimbulkan kegemaran untuk hidup lebih sehat dan bugar di kalangan masyarakat. Kelima, yaitu pembinaan usia dini dan peningkatan prestasi atlet yang terencana dan berkesinambungan.

“Nah, apa yang kita bicarakan dalam kuliah kewirausahaan ini, termasuk program prioritas Kemenpora RI nomor dua. Kami sadar betul lulusan perguruan tinggi, mereka nanti akan berada di tengah masyarakat, memiliki tanggung jawab kepada diri sendiri, keluarga, bangsa dan negara. Saya harap, adik-adik mahasiswa nantinya bisa menjadi wirausahawan yang sukses diberbagai bidang,” ujar Menteri asal Gorontalo itu.

Kemudian, Menpora RI berpesan kepada mahasiswa untuk dari sekarang harus mulai berpikir memulai wirausaha. Sebagai langkah awal, Menpora RI memberi tips untuk menyiapkan perencanaan terlebih dahulu yang realistis.

“Tolong adik-adik mahasiswa mulai berpikir mau berwirausaha apa sekarang. Saya sarankan mulai dari perencanaan yang realistis. Jadi, selain punya keterampilan secara akademi, adik-adik mahasiswa punya keterampilan di bidang kewirausahaan. Gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Sementara itu, Rektor Universitas Bung Karno, Didik Suhariyanto mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Kemenpora RI atas kerja sama yang telah terjalin.

“Selaku rektor, saya menyambut baik ide ini karena memberi dukungan semangat kewirausahaan di tingkat universitas. Semoga nanti bisa diterapkan. Kepada mahasiswa, saya harap tanamkan semangat kewirausahaan,” ucap Didik. (R/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)