Menpora: Guru Olahraga Berperan Penting Tingkatkan Pengembangan Prestasi Olahraga

Jakarta, MINA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali menyambut baik adanya organisasi (IGORNAS). Menurutnya, guru olahraga memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kebugaran masyarakat dan pengembangan prestasi olahraga.

Pernyataan ini disampaikan Menpora usai mengukuhkan Pengurus Pusat dan Pengurus Provinsi Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) masa bakti 2021- 2025 di Auditorium Wisma , Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (10/3).

“Guru-guru olahraga sangat punya peranan penting terhadap kebugaran masyarakat dan juga pengembangan prestasi olahraga. Tanpa kehadiran beliau-beliau, guru olahraga di berbagai tingkatan baik tingkat SD, SMP, SMA kita tidak mungkin bisa mencapai tingkat kebugaran masyarakat secara optimal,” katanya.

Ia mengatakan, hanya dari masyarakat yang bugar bisa menghasilkan talenta-talenta untuk bisa berprestasi di tingkat internasional.

Disisi lain, sejalan dengan lahirnya Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang menjadi roh UU Keolahragaan yang baru saja disahkan oleh DPR. Maka, kehadiran guru-guru olahraga sangat penting untuk implementasi DBON, disamping ada tugas-tugas mereka dalam UU Keolahragaan tersebut.

“Jadi sekali lagi saya sangat berharap, peran aktif dari para guru olahraga di seluruh Indonesia untuk mendukung implementasi DBON,” ujarnya.

Lebih lanjut, Menpora Amali menegaskan bahwa pemerintah khusunya Kementerian Pemuda dan Olahraga sangat terbuka dan bisa melakukan kerja sama serta bersinergi di berbagai dengan IGORNAS.

Sebelumnya, Menpora secara resmi mengukuhkan Pengurus Pusat dan Pengurus Provinsi seluruh Indonesia IGORNAS. Menpora sendiri dalam kepengurusan IGORNAS menjadi Dewan Pembina. Sementara Ketua Umum Pengurus Pusat yakni Dikdik Setia Munardi, M.Pd. Sementara Sekretaris Jenderal, M. Taufik, S.Pd dan Bendahara Umum, Ganjar Ramdani S., M.Pd. (R/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)