Menpora RI: Semangat Haornas 2020 Jadikan Masyarakat Bugar

Jakarta, MINA – Menpora RI Zainudin Amali mengatakan, peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada hakekatnya untuk melihat rekam jejak perjalanan olahraga tanah air.

“Haornas ini ke-37, kenapa tanggal 9 September, karena PON I dimulai tanggal 9 September 1948 di Solo sebagai momentum hari bersejarah olahraga. Peringatan tiap tahun melihat perjalanan olahraga Indonesia dari tahun ke tahun, dan mengevaluasi bagaimana pembinaan olahraga di tanah air,” ujar Menpora RI pada perayaan Haornas di Jakarta, Rabu (9/9).

Mengangkat tema “Semangat Haornas 2020”, peringatan menjadi special karena dilakukan di Era Pandemi menuju prestasi di Era New Normal.

Peringatan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang biasanya dengan upacara, perlombaan-perlombaan, mengingat situasi Pandemi, untuk tahun ini tidak memungkinkan hal itu dilakukan.

“Kegiatan peringatan tetap dilakukan tetapi dengan menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat. Untuk masyarakat tetap bergerak dan berolahraga agar tetap bugar dan sehat, daya tahan tubuh meningkat serta imunitas bagus,” ajak Menpora RI kepada masyarakat.

Selanjutnya, tentang tiga tema yang diangkat sekaligus, yaitu sports science, sports tourism, dan sports industry.

“Kami di Kemenpora sadar betul bahwa sekarang ini dalam situasi yang krisis, oleh karenanya kita tidak bisa berpikir yang biasa-biasa saja, kita harus berpikir extra ordinary, tujuannya sport science untuk meningkatkan prestasi olahraga kita sekaligus kebugaran masyarakat, kemudian sports tourism dan sports industry untuk kebangkitan ekonomi nasional,” pungkasnya. (L/R11/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)