Menristek/Kepala BRIN Luncurkan Mobil Comuter Produk ITS

Jakarta, MINA – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang PS Brodjonegoro meluncurkan mobil komuter yang dikembangkan oleh ITS dengan nama iCar ITS (Intelligent Car ITS).

Hal itu ia sampaikan melalui telekonferensi dalam acara soft launching mobil autonomous Icar (Intelligent Car) yang diselenggarakan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bertepatan dengan HUT ke-75 Republik Indonesia pada Senin (17/8).

“Berbicara mengenai inovasi, tentunya saya sangat mengapresiasi dan sangat bangga terhadap Bapak rektor dan segenap jajaran Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang tidak henti-hentinya terus menghasilkan penelitian dan inovasi yang tidak hanya canggih namun bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Menteri Bambang.

Mobil otonom yang dikembangkan oleh ITS dengan nama iCar ITS (Intelligent Car ITS) merupakan purwarupa mobil otonom hasil kolaborasi dari peneliti-peneliti di ITS dari berbagai bidang keahlian. iCar ITS dioperasikan sebagai mobil komuter yang melayani perjalanan dalam kampus ITS.

Civitas akademika ITS dapat memanggil mobil tersebut dengan menggunakan aplikasi pada smartphone, kemudian iCar ITS akan datang secara otomatis dan mengantarkan penumpangnya ke tempat tujuan.

iCar ITS dilengkapi dengan berbagai sensor untuk memastikan sistem dapat berjalan tanpa pengemudi namun tetap menjamin keselamatan penumpangnya. iCar ITS dilengkapi dengan sistem GPS (Global Positioning System) dengan ketelitian tinggi, sensor LIDAR digabungkan dengan kamera untuk mendeteksi obyek di sekitar mobil otonom, serta berbagai sensor lain untuk mendeteksi kecepatan dan orientasi mobil iCar ITS.

“Saya ucapkan selamat atas keberhasilan untuk soft launching dari iCar ITS ini, yang dimulai dengan mobil golf dan harapan berikutnya semakin disempurnakan dan memakai teknologi 5G sehingga unsur keamanan dan kenyamanan semakin baik,” katanya.

“Kami dari Kemenristek/BRIN akan selalu mendukung semua upaya penelitian, upaya untuk menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Serta inovasi yang nantinya bisa membawa Indonesia menuju negara maju di 100 tahun kemerdekaan kita pada 17 Agustus 2045 mendatang,” ucap Menteri Bambang.

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.