Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menteri ESDM Minta Perusahaan Tambang Batubara Jadi Perusahaan Energi

sajadi - Selasa, 18 Desember 2018 - 22:33 WIB

Selasa, 18 Desember 2018 - 22:33 WIB

1 Views

Jakarta, MINA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meminta perusahaan tambang batubara Indonesia untuk berkembang jadi perusahaan penyedia energi.

“Harus ada nilai tambah, berharap pemanfaatan batubara untuk bahan bakar jet atau pengganti elpiji, “kata Jonan dalam sambutannya di forum “IEA Coal Forecast to 2023” di Jakarta, Selasa (18/12).

Jonan mengakui, per 13 September 2018, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) minerba mencapai Rp. 33,55 triliun. Jumlah tersebut telah melampaui target PNBP tahun ini yang dipatok sebesar Rp. 32,09 triliun.

Namun, ia berharap batubara sebagai sumber energi dapat dimanfaatkan di dalam negeri seperti pemanfaatan powerplant atau sebagai bahan bakar jet seperti di China.

Baca Juga: Merapi Luncurkan 21 Kali Guguran Lava, Warga Diminta Waspada

“Kalo tidak dimanfaatkan, maka bagaimana generasi yang akan datang, mungkin sepuluh tahun lagi batubara sudah habis,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut Wakil Ketua Kadin Bidang Sumber Daya Mineral Batubara dan Listrik Boy Garibaldi Thohir mengatakan, sumber batubara Indonesia masih relatif besar.

“Tentunya kita harapkan dapat didukung dengan kebijakan dan regulasi yang tepat dari pemerintah, agar pengembangan dan pemanfaatan batu bara sebagai sumber energi bisa berkembang di masa depan,” katanya.

Ia juga mengungkapkan, batubara masih menjadi sumber energi utama kelistrikan nasional jika dibandingkan dengan sumber listrik lainnya seperti gas alam dan panas bumi.

Baca Juga: Rumah Gizi Luncurkan Program Kesehatan “Healing with Food” Bagi Keluarga Petani

“Adanya kepastian program penyediaan listrik dan program 35 GW akan mendorong terciptanya efek berganda yang positif bagi pertumbuhan ekonomi hingga ke daerah-daerah,” tambahnya. (L/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: MPR RI Gelar Sidang Paripurna ke-2, Bahas Pembentukan Fraksi

Rekomendasi untuk Anda

Ekonomi
Indonesia
Indonesia
Ekonomi
Indonesia
Indonesia