Menteri Inggris untuk Timteng Shalat di Masjid Al-Aqsa

Tuan Ahmad bersama pejabat Wakaf Muslim di Masjid Al-Aqsa. (Foto Kegubernuran Yerusalem)

Yerusalem, MINA – untuk Timur Tengah Lord Tariq Ahmad, Kamis (12/1), mengunjungi Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki dan melaksanakan shalat di dalamnya.

“Suatu kehormatan dan keistimewaan untuk menghabiskan waktu di Masjid Al Aqsa yang suci pagi ini bersama Direktur Departemen Wakaf Yerusalem Sheikh Azzam Al-Khatib,” kata Lord Ahmad seperti dikutip dari Wafa, Jumat (13/1).

“Saya menekankan dukungan Inggris yang tak tergoyahkan untuk Perwalian Yordania atas Situs Suci Yerusalem dan untuk Status Quo,” tambahnya.

Yordania adalah penjaga resmi kompleks Masjid Al-Aqsa. Status quo mengacu pada pemahaman bahwa seluruh kompleks suci bertembok adalah tempat ibadah khusus Muslim dan upaya kelompok ekstremis Yahudi untuk mengubah fakta ini adalah ilegal dan tidak akan ditoleransi.

Baca Juga:  Pembelaan Mahasiswa Terhadap Palestina Menyebar ke Jepang

Namun, Tariq Ahmad dan delegasinya sempat tertahan di gerbang selama 30 menit sebelum diizinkan masuk oleh Polisi , menurut tweet koresponden BBC Tom Bateman, Wafa melaporkan.

Ia mengatakan, Departemen Wakaf Islam yang bertanggung jawab atas tempat-tempat suci umat Islam di Yerusalem, telah memberitahu Polisi Israel tentang kunjungan Menteri Inggris tersebut, namun ketika delegasi tiba di pintu gerbang tidak diizinkan masuk.

“Polisi Israel di gerbang diberi tahu bahwa Lord Ahmad adalah seorang menteri pemerintah Inggris dan kunjungan itu telah dikoordinasikan, tetapi ini tampaknya tidak diterima,” kata Bateman dalam tweetnya. (T/RE1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.