Mesir Resmi Tunjuk Duta Besar Baru untuk Turkiye

Ilustrasi bendera Turkiye-Mesir. (Foto: Istimewa)

Kairo, MINA – Presiden Abdel Fattah Al-Sisi secara resmi menunjuk Amr al-Hamami sebagai duta besar barunya untuk , menyusul peningkatan hubungan antara kedua negara, Anadolu Agency melaporkannya, Ahad (23/7).

Al-Hamami telah menjabat sebagai kuasa usaha Mesir di Ankara sejak 2019. Sebelumnya, dia adalah penasihat hukum untuk misi PBB Mesir di New York dan bertugas sebagai konsuler di beberapa kedutaan besar Mesir di seluruh dunia.

Penunjukan Al-Hamami diumumkan setelah Presiden Turkiye menunjuk Salih Mutlu Sen sebagai Duta Besar Turkiye untuk Kairo.

Mei lalu, kedua negara mengumumkan akan menaikkan level perwakilan diplomatik dari level kuasa usaha menjadi level duta besar.

Baca Juga:  Erdogan Desak Muslim Bersatu Hentikan Genosida Israel di Gaza

Hubungan antara Mesir dan Turkiye memburuk setelah kudeta 2013 yang membawa Presiden Mesir saat ini Abdel Fattah al-Sisi berkuasa.

berbicara menentang pembantaian pengunjuk rasa anti-kudeta di Lapangan Rabaa di Kairo, kemudian menyebut Sisi sebagai tiran, dan baik Turkiye maupun Mesir menarik duta besar mereka dari ibu kota masing-masing.

Kedua negara juga mendukung pihak yang berseberangan dalam konflik di Libya.

Namun, hubungan membaik baru-baru ini, menyusul serangkaian kesepakatan rekonsiliasi regional. (T/R7/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.