Erdogan Desak Muslim Bersatu Hentikan Genosida Israel di Gaza

Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan (Foto: Anadolu)

Istanbul, MINA – Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan mendesak dunia Muslim untuk bersatu guna memastikan penghentian serangan Israel di Gaza, Kamis (2/5).

Direktorat Komunikasi Turkiye pada X (sebelumnya Twitter) mengatakan, dalam panggilan telepon dengan Presiden Gambia Adama Barrow, Erdogan membahas serangan Israel yang sedang berlangsung terhadap Palestina dan agenda KTT Islam ke-15 yang akan diadakan di Gambia.

Gambia akan menjadi tuan rumah KTT Islam para Kepala Negara dan Pemerintahan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) edisi ke-15 pada 4-5 Mei di ibu kota Banjul.

Dalam panggilan telepon itu Erdogan menyatakan harapannya bahwa keputusan yang diambil pada pertemuan puncak tersebut akan membawa kebaikan.

Ia menambahkan bahwa negaranya akan diwakili oleh Menteri Luar Negeri Hakan Fidan pada acara tersebut.

Baca Juga:  Ketua PWI DKI Jakarta Siapkan Pakta Integritas Kepengurusan 2023-2029

“Langkah-langkah bersama dapat diambil pada periode mendatang untuk meningkatkan hubungan antara Turkiye dan Gambia,” tambah Direktorat Komunikasi Turkiye itu.

Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza melaporkan, agresi Israel sejak 7 Oktober 2023 telah menewaskan lebih dari 34.500 orang, sementara 77.765 lainnya terluka. Puluhan ribu korban itu didominasi oleh perempuan dan anak-anak. Gaza juga menghadapi kelaparan yang parah akibat blokade Israel. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Arina Islami

Editor: Rudi Hendrik