Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

MI Tahfidz Al-Fatah Cileungsi Kini Miliki Program Baru Kelas Bilingual

Widi Kusnadi Editor : Rana Setiawan - Kamis, 25 Juli 2024 - 21:50 WIB

Kamis, 25 Juli 2024 - 21:50 WIB

49 Views

MITA selain hafal Al-Qur’an dan memiliki adab yang baik, mereka juga memiliki kemampuan berbicara bahasa Inggris setara dengan sekolah-sekolah unggulan di Jakarta. (Foto: dok MINA)

Cileungsi, MINA – Madrasah Ibtida’iyah Tahfidz (MITA) yang berlokasi di kompleks Pondok Pesantren Al-Fatah, Pasirangin, Cileungsi, Kabupaten Bogor, kini memiliki program unggulan yaitu kelas bilingual (penggunaan dua bahasa, Inggris dan Indonesia).

Kepala Madrasah MITA, Adnan Fairuz, Lc menyatakan, program tersebut untuk menyiapkan generasi muda Islam agar memiliki kemampaun berbicara dengan fasih dan lancar dalam bahasa Inggris, selain penguasaan mereka terhadap ilmu Al-Quran.

“Target dari program bilingual ini adalah, lulusan MITA nantinya akan memiliki hafalan Al-Qur’an dan mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara lancar dan fasih,” katanya kepada MINA, Kamis (25/7).

Diharapkan lulusan MITA selain hafal Al-Quran dan memiliki adab yang baik, mereka juga memiliki kemampuan berbicara bahasa Inggris setara dengan sekolah-sekolah unggulan di Jakarta, meski MITA berlokasi di wilayah jauh dari perkotaan dan fasilitas sederhana.

Baca Juga: Beberapa Wilayah di Jateng Diprediksi Hujan Ektrem pada 8-9 September

Gus Fairus berpendapat, anak usia MI akan lebih mudah menyerap pelajaran bahasa jika memang dibiasakan. Di MITA, hal itu akan diterapkan dalam kegiatan belajar-mengajar (KBM) dan aktifitas lainnya di sekolah.

Ia optimis, lulusan MITA suatu hari nanti akan memiliki andil besar dalam pembangunan bangsa dan negara. Maka kemampuan penguasaan bahasa internasional harus dimiliki sejak dini. Hal itu tentu akan memudahkan santri mempelajari berbagai disiplin ilmu sains dan lainnya.

Kelas Bilingual adalah program kelas khusus dengan penggunaan dua bahasa (Indonesia dan Inggris) sebagai bahasa pengantar kegiatan pembelajaran, terutama untuk mata pelajaran. Selain itu murid juga akan dibiasakan untuk menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari. []

 

Baca Juga: Peringatan Setahun Kasus Rempang, Warga Gelar Doa Bersama

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia