MOSKOW AKAN JADI KOTA BERPENDUDUK MUSLIM TERBESAR DI EROPA

Ribuan Muslim Moskow melakukan Shalat Idul Fitri di Masjid pusat kota Moskow.(Potho: Anadoulu)
Ribuan Muslim Moskow melakukan Shalat Idul Fitri di Masjid pusat kota Moskow.(Potho: Anadoulu)

Moskow, 8 Syawal 1436/24 Juli 2015 (MINA) – Analisis politik Alexei Malashenko mengatakan, Moskow, ibukota Rusia, menjadi salah satu kota Muslim terbesar di Eropa.

“Moskow secara perlahan beradaptasi menjadi kota Muslim terbesar di Eropa,” kata laporan itu. Demikian dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) dari Muslimvillage, Jumat.

Dengan populasi ibukota negara komunis Rusia itu sebanyak 12.5 juta penduduk, setidaknya ada 1.5 juta orang yang memiliki identitas sebagai Muslim.

Analis politik itu juga memaparkan, Muslim Moskow telah mampu beradaptasi dengan baik dalam lingkungan masyarakat Rusia.

Baca Juga:  Irlandia akan Akui Negara Palestina Akhir Mei Mendatang

Pada hari Raya Idul Fitri lalu yang dilaksanakan pada Sabtu 18/7, setidaknya 180.000 orang menunaikan sholat Ied di lima masjid dan di tiga lokasi lainnya, sementara  Masjid Kubah emas Sobornaya dipenuhi 60.000 orang untuk sholat Id.

Perayaan Idul Fitri dengan ribuan Muslim memenuhi masjid dan lapangan mengundang etnis Rusia lainnya masuk Islam, tambahnya.

“Saya mendengar banyak pujian saat saya berpakaian dan terlihat indah,” kata Anastasiya Korchagina yang mengubah namanya menjadi Aisha setelah masuk Islam lima tahun lalu.(T/P004/P2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Ismet Rauf

Comments: 0