MUBARAK DIVONIS TIGA TAHUN KARENA KORUPSI

Kairo, 22 Rajab 1435/21 Mei 2014 (MINA) – Pengadilan Mesir menjatuhkan hukuman tiga tahun penjara atas dakwaan korupsi kepada mantan presiden Mesir Husni Mubarak, Rabu (21/5).

Anak-anaknya, Alaa dan Gamal,  masing-masing menerima hukuman empat tahun penjara dan empat terdakwa lainnya dibebaskan, media Ma’an melaporkan seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Mereka dituduh menggelapkan lebih dari seratus juta pound Mesir (sekitar Rp 16 triliun) yang digunakan untuk menumpuk kekayaan pribadi termasuk istana mereka.

Mubarak (86) mengenakan setelan abu-abu, duduk di kursi roda saat vonnis itu dibacakan. Anak-anaknya yang mengenakan pakaian penjara berwarna putih berdiri di sampingnya.

Tahun lalu, Mubarak dinyatakan tidak bersalah pada banyak dakwaan korupsi yang dihadapinya, Hal ini membawanya selangkah lagi menuju pintu keluar penjara setelah dakwaan yang  ditujukan kepadanya berkurang.

Husni Mubarak merupakan penguasa pertama yang digulingkan dalam gelombang  protes di beberapa negara Arab menuntut pengunduran diri pemimpin negara. Mubarak juga menghadapi persidangan atas tuduhan terlibat dalam pembunuhan demonstran selama revolusi 2011. (T/Fauziah/P03/IR)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0