Muhammadiyah Sampaikan Ucapan Selamat Harlah NU

Jakarta, MINA – Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’ti menyampaikan ucapan Selamat Hari Lahir () Nahdlatul Ulama () pada 31 Januari 2023.

Pada tahun ini, NU menginjak usia seabad yang akan dirayakan puncaknya pada 7 Februari 2023, sementara pada 31 Januari 2023 atau kalender masehi 97 tahun. Mu’ti mengatakan, saat ini dari jumlah anggota, NU merupakan organisasi yang terbesar.

“Dengan jumlah anggota yang sangat besar dan kedekatan dengan Pemerintah, NU memiliki potensi besar menjadi organisasi yang digdaya. Dalam konteks politik, NU bisa menjadi salah satu pemain utama yang menentukan masa depan umat bangsa.” kata Mu’ti seperti dikutip dari Muhammadiyah.or.id, Kamis (2/2).

Potensi besar tersebut, menurut Mukti akan terwujud apabila NU lebih serius dalam melakukan tiga program utama. Ketiga program itu mulai dari transformasi jamiyah, penguatan ekonomi dan peningkatan pelayanan sosial, sampai dengan memperkuat civil society.

“Hal demikian akan terwujud apabila NU bisa lebih serius melakukan tiga program utama. Pertama, melakukan transformasi jamiyah menjadi organisasi yang berbasis sistem dan budaya good governance.” ujarnya.

Program utama yang kedua adalah dengan penguatan ekonomi umat dan peningkatan layanan sosial, terutama di akar rumput sebagai basis massa NU. Sebagai organisasi yang memiliki jumlah pengikut yang besar, program kedua ini menjadi strategis.

“Dan yang ketiga adalah memperkuat peran sebagai civil society dan civil Islam yang mendorong percepatan konsolidasi demokrasi, pemberantasan korupsi, penegakan hukum dan HAM, dan peran masyarakat sipil lainnya.” pungkasnya. (R/R5/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.