MUI : Tantangan Dakwah Perlu Jadi Perhatian Khusus Umat Islam

Wakil Ketua Wantim MUI, Didin Hafiduddin
Wakil Ketua Wantim MUI, KH Didin Hafiduddin

Jakarta, 27 Rabi’ul Akhir 1437/5 Februari 2016 (MINA) – Wakil Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) Majelis Ulama (MUI), KH. Didin Hafidhuddin, menilai peluang dan tantangan  dakwah di Indonesia perlu menjadi perhatian khusus dari umat Islam.

“Penduduk Indonesia adalah mayoritas muslim, dan tak patut kita menyebutkannya sebagai negeri tanpa nilai-nilai Islam”.

“Apalagi kalau sampai ada kepikiran untuk meninggalkan Indonesia kemudian menyerahkan kepada pihak-pihak lain yang justru memiliki misi tidak baik terhadap muslim Indonesia,” kata Didin dalam Diskusi “Tantangan dan Program Dakwah di Indonesia”, di Gedung MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Jumat (5/2) malam.

“Misi dakwah di Indonesia saat ini adalah melanjutkan upaya dakwah dan Islamisasi para ulama dan pejuang-pejuang Islam yang telah menorehkan prestasi dakwah yang mengagumkan di kepulauan nusantara ini,” kata  Kiyai Didin menegaskan.

Para penyebar dakwah di Nusantara selama beratus-ratus tahun telah berhasil mengubah negeri ini, dari yang semula 100 persen bukan muslim menjadi hampir 100 muslim penduduknya, tambahnya.

Bahkan, kini Indonesia dikenal sebagai negeri muslim terbesar di dunia dengan jumlah penduduk muslim lebih dari 200 juta orang ini, sebuah prestasi dakwah yang wajib disyukuri dan dilanjutkan oleh generasi muda, katanya.

Dia berharap dakwah Islam harus  terus-menerus diperjuangkan untuk  nahi munkar mencegah kemungkaran, usaha-usaha dakwah saat ini dilakukan melalui berbagai media khutbah, tabligh, televisi, radio, website, media sosial

“Maka, hal itu perlu ditingkatkan kualitasnya dalam bidang ini kita masih kekurangan media dakwah yang berkualitas tinggi khususnya media audia-visual (televisi dan film),” demikian Didin Hafidhudin.

Narasumber lainnya dalam “Diskusi Tantangan dan Program Dakwah di Indonesia” adalah Sekjen MUI Tengku Zulkarnein, Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag Abdurrahman Mas’ud, Ketua Komisi Dakwah MUI Cholil Nafis, dan juga perwalian Organisasi Islam, Lembaga Dakwah. (L/P002/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.