Komisi Dakwah MUI Gelar Rakornas

Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin (Foto: Kurniawan/MINA)

Jakarta, 12 Sya’ban 1438/9 Mei 2017 (MINA) – Majelis Ulama Indonesia menggelar Rapat Koordinasi Nasional Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI di Taman Mini Indonesia, Jakarta berlangsung sampai Senin 8-9 Mei 2017.

Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Komisi Dakwah dan Pengembangan masyarakat MUI tahun 2017 mengusung tema “Dakwah Islam Wasathiyah Solusi Perdamaian Umat”. Rakornas dibuka oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, di depan ratusan peserta rapat dari berbagai perwakilan daerah se-Indonesia.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin mengatakan dakwah wasathiyah adalah dakwah yang dilakukan oleh para ulama dahulu hingga dilakuan Wali Songo.

“Dakwah Islam wasathiyah, di antaranya dilakukan dengan santun dan tidak keras, seperti halnya Rasulullah ketika berdakwah kepada kaumnya yang masih zaman jahiliyah,” kata Ma’ruf.

Ia menjelaskan dakwah itu seharusnya dilakukan dengan sikap ramah dan santun kepada masyarakat khususnya umat Islam, karena Islam menduduki mayoritas di Indonesia. Pihaknya mengingatkan untuk menghindari pesan-pesan dakwah yang dapat memutuskan hubungan silaturahmi sesama masyarakat dalam kehidupan sosial.

“Dan juga memiliki kewajiban untuk menjaga dan memupuk hubungan sosial kemasyarakatan, toleransi antara sesama pemeluk agama, dalam menjalani kehidupan sosial,” tambahnya.

“Dakwah harus dilakukan dengan suka rela, ajaran Islam tidak ada paksaan, toleransi kepada sesamanya, Kalau perbedaan harus diluruskan itulah ciri Islam yang toleran, memiliki keluarga yang sakinah. Karena dilandasi dengan mawadah, warohmah justru saat ini malah sudah hilang. “Maka kita harus bangun kembali,” kata Ma’ruf.

“Adapun tantangan yang kita hadapi adalah banyaknya aliran sesat. Kita terus melakukan pembinaan-pembinaan menghilngkan pemikiran liberalisme,” ujar Maruf.

Hadir dalam acara pembukaan Wakil Kepala Kepolisian RI Komjen Pol Syafruddin mewakili Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian yang berhalangan hadir, Ketua MUI Jawa Timur KH Abdusshomad Buchori, dan Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat KH Cholil Nafis. Hadir dalam pembukaan ini perwakilan dari PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) yang juga sponsor acara tersebut. (L/R03/B05)

Miraj Islamic News Agency (MINA)