NU AKAN GELAR MUKTAMAR DI PONPES JOMBANG

Muktamar Nahdlatul Ulama  ke-33 Gelar di Jombang
Muktamar Nahdlatul Ulama ke-33 Gelar di Jombang

Jakarta, 29 Rajab 1436/18 Mei 2015 (MINA) – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berencana menggelar Muktamar ke-33 di Jombang, Jawa Timur, 1-5 Agustus mendatang.

Wakil Sekretaris Jenderal PBNU,  mengatakan kepada Mi’raj Islamic News Agency , Senin di Jakarta, muktamar akan diselenggarakan di empat pesantren yang menjadi tempat muhfidz masing-masing Ponpes Tebuireng, Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas, Ponpes Darul Ulum Peterongan, dan Ponpes Mambaul Ma’arif Denanyar.

“Di empat pesantren itulah  dahulu para pendiri NU mengajar dan memimpin umat,” kata Masduki.

Dengan Tema “Meneguhkan Islam Nusantara untuk Peradaban Indonesia dan Dunia”, muktamar itu nanti akan menjadi forum untuk menyosialisasikan masalah peradaban Islam yang moderat dan toleran.

Menurut Masduki, Islam Nusantara bukan hal baru bagi NU, karena konsep maupun praktiknya sudah lama dilakukan. Muktamar ke-33 di Jombang hanya akan meneguhkan kembali konsep tersebut sebagai jawaban atas munculnya ekstrimisme berbasis agama.

“Islam Nusantara pada prinsipnya adalah penghargaan budaya di tengah ritus keagamaan. Kami ingin kedua hal ini berdampingan,” ujarnya sambil menambahkan bahwa forum itu merupakan ajang silaturahim dan menyerap masukan dari berbagai pihak.

Masalah-masalah terkini seperti ISIS, radikalisasi, hingga peran agama dalam kehidupan sosial akan dibahas dalam muktamar ormas berlambang bola dunia tersebut, yang akan dihadiri berbagai ormas Islam di Indonesia. (L/P002/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: kurnia

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0