MUP Jamaah Muslimin Gelar Kejuaraan Karate Festival Muharram

Lampung Selatan, MINA – Majelis Ukhuwah Pusat () Jamaah Muslimin (Hizbullah) menggelar kejuaraan sebagai rangkaian acara , Sabtu (5/8).

Kejuaraan karate bertema “Melalui Kompetisi, Kita Jaring Prestasi Pemuda Pemudi di Bidang Olahraga Karate” tersebut dibuka oleh Amir Majelis Ukhuwah Pusat, Syakuri, di halaman Masjid An-Nubuwwah, Komplek Ponpes Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah, Al-Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan.

Saat ditemui MINA, Ketua Panitia Festival  Muharram Zona 1 Sumatera, Ade Jalaluddin mengatakan kejuaraan karate akan diadakan setiap tahun di bulan Muharram. Selain itu, agenda latihan rutin dilaksanakan satu kali dalam dua bulan.

“Tahun ini pertama kalinya dilaksanakan dan kita memilih Lampung untuk menjadi tuan rumah,” katanya.

Ia juga mengatakan, semua cabang olahraga terutama bela diri, selalu memberi kontribusi positif bagi para pegiatnya. Selain menyehatkan fisik dan mental, bela diri juga melatih olah pikir dan olah nafsu.

“Hali itu dikarenakan di dalam bela diri harus ada keseimbangan antara emosi, mental, serta kekuatan fisik,” jelasnya.

Mewakili Imam Jamaah Muslimin (Hizbullah), Bustamin Utje mengatakan, Festival Muharram ini memiliki tujuan utama, yaitu membebaskan Masjid Al-Aqsha.

“Kita harus menciptakan kader-kader yang siap membela kaum muslimin dan mempunyai tujuan akhir membela masjid Al-Aqsha untuk merdeka,” ucapnya.

Dalam kejuaraan tersebut, sejumlah 110 santri berasal dari Provinsi Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Jambi, dan Lampung menjadi peserta, di antaranya 60 santri muslimat dan 50 muslimin.

Nantinya, para pemenang kejuaraan karate Al-Fatah dari jaringan se-Indonesia  akan diikutsertakan perlombaan tingkat Nasional pada Tabligh Akbar, yang akan digelar menjelang bulan Ramadhan tahun mendatang.

Ade mengungkapkan, di kejuaraan berikutnya tidak hanya melibatkan tarbiyah (santri) tetapi juga para syubban dan fatayat (pemuda pemudi).

Hadir Amir Majelis Ukhuwah Pusat Syakuri, Waliyul Imam Wilayah Lampung Amin Nuroni, Pimpinan Ponpes (Mudirusshuffah) Al-Fatah Lampung Muflihuddin, Asatidz dan Asatidzah Ponpes Al-Fatah Lampung.

Dalam Festival Muharram terdapat empat cabang perlombaan, yaitu Renang, Panahan, Karate, dan Pencak Silat. Setiap cabang perlombaan dilaksanakan di lokasi yang berbeda. Untuk cabang renang diadakan Jabodetabek, panahan di Kalimantan Barat, Karate di Sumatera, dan Pencak Silat di Jawa Tengah.  (L/cha/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.