MUSLIM INDIA SUMBANG TANAH UNTUK CANDI TERBESAR DI DUNIA

Pembangunan candi akan dimulai pada Juni di Janki Nagar dekat Kesaria di distrik Timur Champaran, dengan biaya lebih R.500 rupee.
Pembangunan candi di Janki Nagar dekat Kesaria di distrik Timur Champaran, India (OnIslam)

Patna, India, 4 Sya’ban 1436/22 Mei 2015 (MINA) – Muslim India bagian utara Bihar menyumbang tanah untuk pembangunan candi Hindu terbesar di dunia, yang akan dibangun pada Juni mendatang Janki Nagar dekat Kesaria di distrik Timur Champaran, India, sebagai contoh kerukunan antar agama.

“Muslim di sini ikut menyumbangkan lahan tanah mereka untuk pembangunan candi Hindu terbesar di dunia,” kata Acharya Kishore Kunal, Sekretaris Patna Mahavir Mandir yang dipercaya yang melakukan proyek, OnIslam memberitakan.

“Tanpa bantuan Muslim,  akan sulit mewujudkan proyek impian ini,” lanjutnya.

Kunal, mengatakan bahwa umat Islam telah datang untuk memastikan candi  akan segera dibangun, dengan menyumbangkan tanah untuk pembangunan kuil, yang dipuji oleh India sebagai mencerminkan kebaikan Muslim sejati.

“Perbuatan biasa bagi umat Hindu jika menyumbangkan lahan untuk kuil, tetapi tidak biasa bagi umat Islam menyumbangkan tanah untuk pembangunan candi,” kata Kunal, dan menambahkan bahwa Muslim harus dipuji atas sumbangannya itu.

Membangun candi bukanlah tugas yang mudah karena lokasi pembangunan candi berada di tanah milik puluhan keluarga Muslim. Meskipun demikian, Muslim membantu tetangga Hindu mereka untuk membangun kuil.

“Sejumlah Muslim menyumbangkan tanah, sebagian lainya membantu dan meminta kami membeli tanah mereka untuk pembangunan kuil. Jika umat Islam tidak datang kepada kami, kami yakin proyek kuil ini akan tertunda,” kata Kunal.

Kunal mengatakan bahwa Mahavir Mandir sudah mendapatkan 200 hektar tanah untuk pembangunan candi.

“Hindu dan Muslim menyumbangkan sekitar 50 hektar tanah dan sisanya hasil membeli,” ucapnya.

Muslim di India teritung 180 juta orang dari 1,1 miliar orang di India, populasi Muslim terbesar ketiga di dunia setelah Indonesia dan Pakistan. Sebelumnya, seorang Muslim telah menyumbangkan lahan untuk kuil di Kabupaten Begusarai.

Muslim lainnya, Mohammad Fakhrool memberikan tanahnya untuk candi di desa Bachwara  yang didominasi Muslim. Upaya Muslim tersebut menghilangkan ketegangan antara Hindu dan Muslim di negara tersebut. (T/nda/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0