Muslim Life Festival: Ikhtiar Wujudkan Indonesia Pusat Produsen Halal Dunia

Opening Ceremony Muslim Life Fest 2022. (Foto:Abdullah/MINA)

Tangerang, MINA – Sebagai ikhtiar mewujudkan Indonesia menjadi pusat produsen halal dunia 2024, Lima Events bersama Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) menggelar Indonesia (Muslim Life Fest) mulai 26-28 Agustus 2022.

Acara ini resmi dibuka oleh Direktur Eksekutif, Manajemen Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Taufik Hidayat, di Indonesia Convention Exhibition BSD (ICE BSD), Tangerang.

“KNEKS mendukung inisiatif KPMI menyelenggarakan event ini. Selain dapat membantu menggerakkan roda usaha para pelaku usaha industri halal, juga dapat membantu upaya peningkatan ekspor produk-produk halal Indonesia ke mancanegara sebagai bagian dari upaya mewujudkan Indonesia menjadi Pusat Produsen Produk Halal Tahun 2024,” ujar Putu Rahwidhiyasa selaku Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah, Manajemen Eksekutif KNEKS, Jumat (26/8).

Berdasarkan data OKI Economic Outlook 2020, di antara negara-negara anggota OKI, Indonesia menjadi eksportir terbesar kelima dengan proporsi 9,3 persen.

Dengan sumber daya yang dimiliki, Putu optimis Indonesia bisa menjadi pusat produsen produk halal dunia. Untuk menuju ke target tersebut, Indonesia saat ini sudah mempunyai Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024 yang memiliki empat strategi utama.

Pertama, penguatan rantai nilai halal yang terdiri dari industri makanan dan minuman halal, industri pariwisata halal, industri fashion muslim, industri media dan rekreasi halal, industri farmasi dan kosmetik halal serta industri energi terbarukan.

“Kedua, penguatan sektor keuangan syariah. Ketiga, penguatan usaha mikro, kecil dan menengah. Keempat adalah pemanfaatan dan penguatan ekonomi digital,” tambahnya.

Muslim Life Fest kali ini juga menghadirkan yang merupakan zona khusus perdagangan ekspor produk halal sejumlah negara. Pameran ini sekaligus menjadi bagian dari event road to “Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2022”.

Selain itu, ada 21 Duta Besar dan Perwakilan Negara Sahabat yang turut hadir diantaranya Sudan, Tunisia, Suriah, Srilangka, Iran, Bahrain, Saudi Arabia, Azerbaijan, Qatar, Singapura, Kuwait, Jepang, Lebanon, Libya, Somalia dan Mozambique, Pakistan, Mesir, Yaman, Malaysia serta Nigeria.

Muslim Life Fest 2022 menjadi gelaran event muslim terbesar yang diikuti sekitar 300 exhibitor dari 12 kategori, baik dari Jabodetabek maupun daerah lainnya. Di area seluas 10.000 m2, ratusan tenant ini siap menampilkan berbagai kebutuhan produk halal dan islami, mulai dari Modest fashion, Islamic education, Hobbies and communities, Islamic book & publisher, Halal travel, Thibbun nabawi herbal, Beauty & Pharmaceutical hingga Zona Kuliner Halal Aman & Sehat (KHAS).

Muslim Life Fest juga dimeriahkan dengan banyak kegiatan dan aktivitas menarik sehingga pengunjung yang datang bisa sekaligus belajar mengenali bisnis syariah dan perkembangan trennya serta menjadi salah satu wisata keluarga (family time). Di antaranya workshop parenting, Job Fair, Lomba MTQ untuk Anak, Lomba Coding untuk anak, Talaqqi Bersanad, Kid’s corner, Storytelling, Pony Ride, Wahana Andong, Kelas Robotik, masih banyak lagi beragam aktivitas seru bersama keluarga yang bisa didapatkan di pameran ini.

Sebelumnya, Indonesia Muslim Life Fair yang merupakan road to Muslim Life Fest telah diselenggarakan di Istora GBK, Senayan, Jakarta, pada 25 – 27 Maret 2022. Kemudian kembali menggelar kegiatan pameran serupa di Yogyakarta. Berlokasi di Jogja Expo Center (JEC) yang berlangsung pada 3–5 Juni 2022. (L/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.