Nabi Sulaiman AS Lockdown Ratu Balqis Dengan Basmallah

Renungan Zanjabil #56

Oleh: Prof. Madya Dr. Abdurrahman Haqqi, Fakultas Syariah dan Hukum Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA) Brunei Darussalam

Untuk membuktikan dakwaan burung Hud-hud bahwa dia mengetahui apa yang tidak diketahui Nabi Sulaiman AS,maka baginda bersabda maksudnya: “Pergilah dengan (membawa) suratku ini, lalu jatuhkanlah kepada mereka, kemudian berpalinglah dari mereka, lalu perhatikanlah apa yang mereka bicarakan.” (Surah Al-Naml: 28)

Ini karena Hud-hud berkata seperti dikisahkan Al-Quran maksudnya, “Aku telah mengetahui sesuatu yang kamu belum mengetahuinya; dan kubawa kepadamu dari negeri Saba’ suatu berita penting yang diyakini.” (Surah al-Naml: 22)

Singkat cerita, saat Ratu Balqis menerima surat tersebut kemudian baginda mengumpulkan menteri-menteri dan panglima-panglima perang sambil berkata maksudnya:

Berkata dia (Balqis): ‘Hai pembesar-pembesar, sesungguhnya telah dijatuhkan kepadaku sebuah surat yang mulia. Sesungguhnya surat itu, dari Sulaiman dan sesungguhnya (isi)nya: ‘ Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang bahawa janganlah kalian berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.'” (Surah al-Naml: 29- 31)

Basmalah dan ‘janganlah kalian berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri’ telah membuat lockdown ratu Balqis sehingga tidak boleh berbuat apa-apa kecuali meminta nasihat para pembesarnya. Perlu diketahui di sini bahwa tentara Ratu Balqis adalah tentara yang sangat kuat.

Para pembesar kaumnya berkata bahwa mereka siap untuk melaksanakan peperangan. Nampaknya ratu memiliki kebijakan yang lebih baik dari pembesar kaumnya. Surat Sulaiman itu membuatnya berfikir lebih jernih dan lebih hati-hati. Ia berusaha sebisa mungkin menghindari peperangan.

Pada akhirnya, Ratu Balqis menyerahkan diri bersama rakyatnya kepada Nabi Sulaiman AS dengan berkata maksudnya, “Berkatalah Balqis: ‘Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah berbuat aniaya terhadap diriku dan aku berserah diri bersama Sulaiman kepada Allah, Tuhan semesta alam.'” (Surah Al-Naml: 44)

Alhamdulillah, berkat basmalah dalam surat Nabi Sulaiman membawa kejayaan untuk Ratu Balqis yang gagah, kuat, telah dianugerahi segala sesuatu dan dikatakan anak dari campuran jin dan manusia.

Wallahu a’lam. Semoga bermanfa’at.

Bandar Seri Begawan, 14 Mei 2020. (A/DS/RS2/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)