NEGARA-NEGARA AFRIKA DUKUNG KEMERDEKAAN PALESTINA

Presiden Zimbabwe, Robert Gabriel Mugabe. (Nidiya/MINA)
Presiden Zimbabwe, Robert Gabriel Mugabe. (Nidiya/MINA)

Bandung, 5 Rajab 1436/24 April 2015 (MINA) – Presiden Zimbabwe Robert Gabriel Mugabe, sebagai perwakilan negara-negara regional Afrika, menyatakan mereka selalu mendukung kemerdekaan Negara Palestina.

“Negara Palestina sedang mengalami penjajahan, sehingga diharapkan dukungan dan solidaritas dari hanya Asia, tapi juga Afrika,” kata Mugabe dalam acara Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika di Gedung Merdeka, Bandung, Jumat (24/4).

Ia menjelaskan solidaritas Asia Afrika dapat mengatasi dominasi dan globalisasi negara-negara kuat di dunia. Untuk itu, katanya, melalui dukungan dan solidaritas negara-negara Asia dan Afrika kepada Palestina, akan dapat mengatasi permasalahan di sana.

Presiden Zimbabwe mengingatkan tekad Konferensi Asia Afrika 1955 di Bandung merupakan anti kolonialisme. ” Tanpa konferensi itu, kemerdekaan mungkin akan sulit tercapai,” tandasnya.

Sementara itu, pidato sambutan Presiden Indonesia Joko Widodo juga menghimbau kemerdekaan Palestina, satu-satunya negara di Asia-Afrika yang belum mencapai kemerdekaannya.

Sebanyak 22 kepala negara dan pemerintahan dari negara-negara Asia dan Afrika menghadiri puncak peringatan KAA di Bandung, 24 April 2015.

Saat berita ini diturunkan, para delegasi Muslim telah selesai melaksanakan sholat Jumat. Seluruh delegasi mengikuti rangkaian acara selanjutnya yaitu jamuan makan siang oleh Presiden Indonesia Joko Widodo, dan Walikota bandung Ridwan Kamil.(L/P008/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0