Netanyahu Gagal Bentuk Kabinet, Gantz Diberi Mandat Bentuk Kabinet

Pemimpin partai Blue and White Benny Gantz. (Foto: Tomer Neuberg/Flash90)

Yerusalem, MINA – pada Rabu (23/10) memberi mandat kepada  pemimpin partai pemenang kedua pemilu Israel yll, untuk membentuk  pemerintah baru dan membawa Israel keluar dari kebuntuan politik terpanjang dalam sejarahnya.

Netanyahu yang partainya memenangkan pemilu yang lalu telah gagal membentuk pemerintah koalisasi yang baru, dengan hanya mengumpulkan 55 kursi dukungan dari 120 kursi Parlemen, sehingga mengembalikan mandat pada Presiden,

Gantz yang adalah seorang mantan Panglima Militer adalah politisi pertama selain Perdana Menteri yang menerima mandat tersebut sejak 2009, demikian Nahar Net melaporkan.

Menyusul pemilihan umum yang menemui jalan buntu pada 17 September, Netanyahu telah mencoba membentuk koalisi, tetapi akhirnya menyerah pada hari Senin (21/10). Itu adalah kegagalan keduanya tahun ini.

Pada konferensi pers di Yerusalem, Rivlin meminta partai-partai politik untuk membuat “konsesi”, sementara Gantz berjanji untuk “mencoba membentuk pemerintah serikat liberal.”

Dia diperkirakan akan menghadapi kesulitan dalam membentuk koalisi mayoritas, meskipun menyatakan keyakinannya dia dapat mencapai kesepakatan untuk pemerintah persatuan.

Dia memiliki waktu 28 hari untuk mencoba. Jika dia juga gagal, Presiden Rivlin dapat meminta parlemen untuk menyetujui calon perdana menteri lainnya.

Jika itu juga gagal menghasilkan pemerintah baru, Israel bisa menghadapi pemilihan umum lagi, yang ketiga dalam waktu setahun. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.