Nippon Express Jajaki Logistik Halal

(LiveMint)

Tokyo, 11 Rabi’ul Awwal 1438/11 Desember 2016 (MINA) – Geliat pertumbuhan produk juga terjadi di negara yang penduduknya bukan pemeluk Islam. Negara yang sedang giat membangun infrastruktur untuk Olimpiade 2020 kini mulai melihat wisatawan muslim yang hadir dan akan datang ke Jepang dalam rangka wisata dan olimpiade, sebagai sebuah peluang.

Tidak hanya dalam pemenuhan produk makanan dan minuman, namun juga di sektor logistik dan transportasi, demikian Halal MUI melaporkan yang dikutip MINA, Ahad.

“Jepang kini mulai melihat pasar semakin meningkat. Tidak hanya untuk penduduk muslim di Jepang namun juga wisatawan muslim yang makin meningkat. Olimpiade yang semakin dekat juga membuat beberapa produsen mulai mensertifikasi halal produknya. Ini merupakan sebuah peluang bagi industri logistik dan transportasi yang pasti membutuhkan sarana dan prasarana yang halal dan terjamin,” kata Toshiyuki Heichi, Assistant Group General Manager Global Logistics Solution Bussines Headquarters Nippon Express.

Toshiyuki mengatakan, karena itu pihaknya sebagai salah satu perusahaan logistik dan transportasi di Jepang ingin sekali belajar dari LPPOM MUI bagaimana standar halal untuk logistik diterapkan.

“Kami merasa standar halal LPPOM MUI merupakan salah satu yang terbaik sehingga harus dipelajari. Kami ingin belajar dan menerapkan standar halal HAS 23000 di perusahaan kami,” ujarnya.

Ia menambahkan, standar halal logistik tidak hanya diterapkan dalam layanan lokal area di kawasan Jepang saja. Mungkin juga bisa diterapkan ke seluruh dunia melalui jaringan perusahaannya, terutama untuk ekspor ke negara lain.

“Kami menyadari bahwa produk halal semakin mendunia dan pastinya membutuhkan sarana logistik dan transportasi yang terjamin kehalalannya dan menjadi salah satu pertimbangan nilai tambah bisnis kami di layanan ini,” ujar Toshiyuki saat berbincang bersama halalmui.org dan Jurnal Halal di Jepang.

Nippon Express sendiri telah berdiri di Tokyo sejak tahun 1937. Kini telah melayani servis logistik dan transportasi di seluruh Jepang. Nippon Express juga sudah memiliki jaringan global di tidak kurang dari 33 negara di seluruh dunia. (T/R05/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)