Obama Presiden AS Pertama yang Kunjungi Hiroshima

Tokyo, 17 Sya’ban 1437/25 Mei 2016 (MINA) – Presiden Amerika Serikat (AS) tiba di Jepang pada Rabu (25/5) untuk menghadiri KTT Kelompok Tujuh, menandai kunjungan bersejarah Presiden AS ke kota yang pernah dijatuhi bom atom.

Obama bergabung dengan para pemimpin lainnya dari klub negara demokrasi kaya yang akan membicarakan semangat ekonomi global, demikian Nahar Net memberitakannya yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Kepala negara dari Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Kanada, dan Jepang berkumpul di Ise Shima, daerah pegunungan dan jarang penduduknya, 300 kilometer (200 mil) barat daya Tokyo.

Keamanan ketat di seluruh wilayah diterapkan dengan pengerahan ribuan polisi tambahan. Diadakan patroli di stasiun kereta api dan pelabuhan feri. Lalu lintas diarahkan ke jalan-jalan yang biasanya tenang selama pertemuan dua hari.

Pemerintah Tokyo mengatakan, pihaknya tidak mau mengambil risiko seperti terjadinya serangan teror yang melanda Paris dan Brussel dalam beberapa bulan terakhir.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dijadwalkan pada Rabu menemui Obama yang akan mengunjungi Hiroshima pada Jumat.

Obama menjadi pemimpin AS pertama yang melakukan perjalanan ke kota Hiroshima, lokasi serangan nuklir pertama di dunia, pada 6 Agustus 1945. (T/P001/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.