OKI PROMOSIKAN PANGAN HALAL KUALITAS TINGGI

Makanan halal siap jual. (foto: dok. Theiranproject.com)
Makanan halal siap jual. (foto: dok. Theiranproject.com)

Jeddah, 27 Safar 1437/9 Desember 2015 (MINA) – Organisasi Kerjasama Islam () mempromosikan produk pangan halal berkualitas tinggi agar dapat diterima secara aman.

Langkah OKI terwujud dalam konferensi mengenai harmonisasi standar halal yang diadakan oleh Sekretariat Jenderal OKI  di Jeddah pada 9-10 Desember 2015.

Akreditasi dan sertifikasi halal OKI bekerjasama dengan lembaga halal untuk memperluas perdagangan antar negara OKI dan mempromosikan penelitian, pengembangan dan praktik yang terbaik. Laman resmi OKI memberitakannya pada Rabu (9/12) yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Berbagai pemerintah, ahli non-pemerintah, lembaga dan pemangku kepentingan di bidang halal dari negara anggota OKI menghadiri acara tersebut.

Pasar halal global diperkirakan bernilai 2,3 triliun dolar AS. Sebanyak 67 persen dari pasar ini terdiri dari makanan dan minuman senilai 1,4 triliun dolar AS.

Sementara produk farmasi sebesar 22 persen atau senilai 506 miliar dolar AS. Kosmetik dan perawatan pribadi diperkirakan sebesar 230 miliar dolar AS.

Saat ini, ada 122 badan sertifikasi halal aktif di seluruh dunia yang terdiri dari pemerintah atau badan semi-pemerintah, organisasi non-pemerintah dan masjid setempat. (T/P002/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0