Olimpiade Sains Nasional 2018 Digelar di Padang

Padang, MINA – Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 digelar di Padang, Sumatra Barat mulai Senin (2/7) yang diikuti sebanyak 1.433 siswa dari jenjang SD, SMP dan SMA yang berkompetisi dalam ajang tersebut.

OSN 2018  secara resmi dibuka oleh Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno, di Universitas Negeri Padang, Kota Padang, Sumatra Barat, pada Senin pagi (2/7).

Pembukaan OSN 2018 ditandai dengan penabuhan gendang tambur secara bersama-sama oleh Gubernur Sumatra Barat, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Hamid Muhammad, dan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Sumatra Barat.

Sebelum resmi membuka OSN 2018, dalam sambutannya Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno mengucapkan selamat datang dan selamat bertanding kepada seluruh peserta.

“Olimpiade ini akan memotivasi anak untuk berprestasi. Selamat bertanding dan bertanding dengan ‘fair play’,” katanya.

Dirjen Dikdasmen Hamid Muhammad saat mewakili Mendikbud Muhadjir Effendy memberikan sambutan, sains dan teknologi merupakan unsur yang dapat menopang kemajuan negara.

“Saat ini semua negara berlomba untuk meningkatkan sains teknologi, enginering dan matematika,” ujarnya.

Menurutnya, OSN pun menjadi sarana bagi siswa dari berbagai daerah di Indonesia untuk mengembangkan potensi diri dalam bidang sains. Selain itu, mereka juga harus bisa membangun karakter-karakter positif selama mengikuti OSN.

“Ajang OSN diharapkan tidak hanya bisa melahirkan generasi bangsa yang pintar dalam bidang sains, melainkan juga memiliki karakter integritas dan menghargai keberagaman,” harapnya.

OSN 2018 ini diikuti perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia dengan jumlah peserta sebanyak 1.433 orang. Seluruh peserta terdiri dari jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah menengah Atas (SMA) dari 34 provinsi di Indonesia.

Peserta terdiri dari tingkat SD/MI sebanyak 272 siswa, SMP/MTs 396 Siswa, dan SMA/MA 765 siswa. Total partisipan jika ditambah dengan pendamping, pembina, juri, asisten juri, panitia pusat, dan panitia daerah adalah sebanyak 2.159 orang.

Peserta OSN akan berlaga dalam 11 bidang lomba, yaitu Matematika, IPA, IPS, Informatika/Komputer, Kimia, Fisika, Biologi, Kebumian, Geografi, Astronomi, dan Ekonomi. Untuk jenjang SD akan mengikuti perlombaan mata pelajaran IPA dan Matematika. Peserta jenjang SMP akan mengikuti perlombaan mata pelajaran Matematika, IPA, dan IPS. Kemudian di jenjang SMA diperlombakan sembilan bidang sains, yaitu Fisika, Kimia, Matematika, Astronomi, Biologi, Ilmu Kebumian, Informatika/Komputer, Geografi, dan Ekonomi.

Peserta OSN 2018 akan memperebutkan 420 medali dengan rincian: 70 medali emas, 140 medali perak, dan 210 medali perunggu. (R/R10/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.