Optimalkan Layanan, BAZNAS Lakukan Inovasi Total

Jakarta, MINA – Ketua Badan Amil Nasional (), Bambang Sudibyo mengatakan, untuk menciptakan pelayanan optimal bagi para muzaki dan mustahik, pihaknya melakukan inovasi total.

Hal itu dikemukakannya saat membuka Focus Group Discussion (FGD) bertema ‘BAZNAS, Ramadhan, dan Inovasi Strategi Marketing Communication (Marcom)’, di Jakarta, Kamis (31/5).

“Kita mendorong inovasi total untuk menciptakan pelayanan optimal bagi para muzaki dan mustahik. Agar fenomena zakat sesuai perkembangan zaman milenial yang serba digital,” ujar mantan Menteri Keuangan ini.

Bambang menambahkan, BAZNAS telah melakukan inovasi sepanjang tahun di bidang penghimpunan maupun penyaluran zakat, infak dan sedekah (ZIS).

Hal itu, katanya, mengarah kepada penggunaan digital dalam berbagai transaksi. Selain itu, mantan Menteri Pendidikan Nasional ini, menjelaskan, BAZNAS melakukan berbagai langkah progresif dalam pengembangan zakat digital.

Berbagai inovasi yang dilakukan antara lain kampanye melalui media, baik itu media massa, media sosial maupun media luar ruang, katanya.

Menurut dia, dalam dunia digital BAZNAS juga meningkatkan pelayanan agar muzaki lebih mudah menunaikan zakat serta memperoleh informasi mengenai BAZNAS,” ujarnya.

Pengumpulan yang telah dilakukan BAZNAS melalui dunia digital, katanya, antara lain dalam servis berdonasi menggunakan beberapa aplikasi seperti Go Pay, OORTH, Kitabisa.com dan lain-lain.

Kemudian, melalui platform digital milik BAZNAS, seperti website, fanpage BAZNAS, media sosial milik BAZNAS dan apps store BAZNAS yaitu Muzaki Corner.

Bambang juga mengimbau masyarakat memanfaatkan servis virtual robot zakat bernama “Zaki BAZNAS”. Lalu menikmati kemudahan pembayaran zakat, infak dan sedekah secara digital melalui beberapa saluranyait Go Pay di http://bit.ly/sedekahgopay, Kitabisa: www.kitabisa.com/baznas, Shopee: www.shopee.co.id/m/memberidarihati, Tokopedia: www.tokopedia.com/donasi-online, Blibli: www.blibli.com/brand/baznas, Lazada: www.lazada.co.id, Go-Tix, Paypro, BRI Mobile, Doku, T-Cash, OVO, mesin M-Cash.

Hal sama disampaikan Sekretaris BAZNAS, Jaja Jaelani.“Dari sisi penyaluran, berbagai program yang telah dilakukan BAZNAS dalam meningkatkan pelayanan mustahik dikemas secara inovatif, sehingga bantuan lebih mudah dijangkau mustahik.

Program itu dilakukan antara lain melalui Layanan Aktif BAZNAS (LAB), BAZNAS Tanggap Bencana (BTB), Lembaga Beasiswa BAZNAS, Rumah Sehat BAZNAS (RSB), Zakat Community Development (ZCD) dan sebagainya.”

Dengan mengusung tagline ‘Kuat Karena Zakat’, katanya, BAZNAS menyediakan pelayanan berzakat seperti rekening-rekening khusus, peranti digital serta konter di berbagai tempat termasuk perkantoran dan pusat perbelanjaan. Berbagai fasilitas pelayanan ZIS ini, diharapkan semakin mempermudah muzaki menyalurkan ZIS di Bulan Suci Ramadhan.(L/R04/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA) 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0