Pakaian Adat Padang Magek Jadi Juara di Parade Budaya Nusantara

(Foto: Istimewa)

Jakarta, MINA – menjadi juara 1 dalam Parade yang diselenggarakan di Jakarta dalam rangka memperingati perayaan HUT RI ke-78.

Parade Budaya Nusantara ini diadakan oleh Bundo Kanduang DKI Jakarta bersinergi dengan Pemda dan Pemerintah Pusat pada Ahad, 27 Agustus 2023, dengan tema, ” Indonesia Tumbuh, Indonesia Tangguh, Indonesia Bebudaya” .

Dalam keterangan tertulis yang diterima MINA, Rabu, Pakaian ini dibawakan oleh Bundo Kanduang IKPM dengan penangung jawab Mira Gusniwati, S.S.,M.Pd, dan Ketua Bundo Kanduang Padang Magek Hj. Deswarni, S.Pt yang memakai adat Padang Magek “Baju Milik dan Kambuik Bajaik”.

Bundo Kandung Ikatan Keluarga Padang Magek (IKPM) Hj. Deswarni, S.Pt mengatakan, baju milik memiliki nilai-nilai budaya yang sesuai dengan Falsafah Minangkabau, ” adat basandi Syara’ ‘Syara’basandi kitabullah.” Tangkuluak (aksesoris kepala) terbuat dari sarung dan mukena yang bisa digunakan saat waktu sholat tiba.

“Bentuknya yang unik memiliki makna tersendiri, bagonjoang di kanan menunjukkan gonjong rumah gadang. Babungo di kiri melambangkan wanita Padang Magek cantik dan anggun. Sedangkan balakuak (rendah) di tengah menunjukkan bahwa masyarakat Padang Magek memecahkan masalah dengan musyawarah dan mufakat,” ungkapnya.

Ketua Pelaksana Evi Susanti, S.Pd., M.M, berharap acara Parade Budaya ini bisa terlaksana secara berkesinambungan, dan kita bisa melestarikan budaya dari sabang sampai Merauke.

“Selamat kepada IKPM atas kemenangan pada periode kali kali ini, wanita Padang Magek ‘sabana kamek-kamek dan rancak, bajunyo cantik sarupo urangnyo (benar-benar manis dan cantik, bajunya cantik serupa orangnya),“ serunya.

Sementara, Ketua Bundo Kanduang Provinsi DKI Jakarta, Suherni Syam, SE mengucapkan terima kasih kepada kepada seluruh panitia dan peserta acara Parede Budaya Nusantara Provinsi DKI Jakarta.

Dia mengakatan, insya Allah kegiatan seperti itu akan rutin diadakan tiap tahun untuk menjaga seni budaya Indonesia.

“Kami apresiasi pada panitia yang tidak pernah lelah, dan alhamdulillah semua berjalan dengan baik dan aman. Kami Bundo Kanduang akan bersinergi dengan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Harapan ke depan, semoga Bundo Kanduang dapat lebih dikenal dilapisan masyarakat, karena jasa jasa baiknya,” tutup Suherni Syam, S.E

Acara Parade juga dihadiri oleh Pengurus IKPM H. Maidasril, H. Alisar, S.E, H. Epirianto dan sesepuh IKPM Lemses Naini.

Ratusan warga antusias mengikuti Parade Budaya Nusantara yang di selenggarakan di Jakarta dalam rangka memperingati perayaan HUT RI ke-78. Sekitar 800 peserta turun ke jalan-jalan membawakan pakaian adat mereka dan berjalan dengan ria dan bangga atas budaya masing-masing.

Padang Magek merupakan salah satu nagari yang termasuk ke dalam wilayah kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia.(R/Putri/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.