Palang Merah Minta Akses ke Penjara Suriah

Ilustrasi. (Foto: dok. ARA News)
Ilustrasi. (Foto: dok. ARA News)

Damaskus, 19 Jumadil Awwal 1437/27 Februari 2016 (MINA) – Ketua Komite Internasional () Peter Maurer mengatakan di Damaskus pada Jumat (26/2), ia sedang mengupayakan mendapat akses ke -penjara Suriah.

Ia mengungkapkan telah meminta pihak berwenang Suriah untuk lebih memungkinkan ICRC bisa berkunjung ke pusat-pusat penahanan, demikian ARA News memberitakannya yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Kami telah berbicara kepada pihak berwenang Suriah untuk mendapat akses ke pusat-pusat penahanan, dan di masa lalu kita telah mengunjungi sembilan penjara utama,” kata Maurer pada akhir kunjungan lima harinya ke Suriah.

Ketika ditanya oleh AFP tentang kondisi di pusat penahanan, ICRC menyatakan tidak mengomentari secara terbuka tentang hal itu.

Pada awal bulan, penyelidik PBB menuduh rezim Suriah melakukan “pemusnahan” di penjara dan pusat-pusat penahanan.

Komisi Penyelidikan PBB di Suriah mengatakan dalam laporan terbarunya, ribuan tahanan tewas saat ditahan oleh pihak yang berbeda dalam konflik brutal Suriah sejak kekerasan dimulai hampir lima tahun yang lalu.

Maurer mengatakan, dia berharap gencatan senjata akan membuka akses bagi ICRC ke daerah yang sebelumnya tidak dapat diakses karena konflik.

“Tapi tidak ada yang tahu apa dampak dari gencatan senjata,” katanya. (T/P001/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.