Panama Buka Kedutaan di Cina Setelah Putuskan Hubungan dengan Taiwan

Foto: South China Morning Post

Panama City, MINA – Panama telah membuka kedutaan besar di Cina, kata Kementerian Luar Negeri negara Amerika Tengah itu pada hari Selasa (25/7) waktu setempat.

Langkah itu bagian dari upaya Panama memperdalam hubungannya dengan ‘Negeri Panda’, negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia, setelah memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan.

Panama menjalin hubungan diplomatik dengan Cina pada bulan Juni lalu dan ‘menceraikan’ Taipei, rival Beijing, yang masih menganggap Taipe bagian dari teritoriumnya yang harus dipersatukan.

“Pembukaan kedutaan Republik Panama di Republik Rakyat Cina telah dilakukan sesuai dengan peraturan yang mendiktekan hubungan diplomatik antara kedua negara,” kata Kementerian Luar Negeri Panama dalam sebuah pernyataan seperti dilaporkan The Straits Times yang dikutip MINA.

Pernyataan itu menambahkan bahwa kedutaan sudah berfungsi, meski duta besar untuk Cina belum ditetapkan.

Komunitas bisnis Panama, yang mendorong dan membantu kesepakatan diplomatik tersebut, menyambut gembira hubungan penuh dengan Cina. Mereka berharap itu dapat memperdalam hubungan dengan pelanggan utama Terusan Panama itu. (T/R11/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)