Pangeran MBS Akan Renovasi 30 Masjid Bersejarah di Saudi

Pangeran MBS Renovasi 30 Masjid Bersejarah di Arab Saudi (foto: Saudi Gazette)

Riyadh, MINA – Proyek Pangeran Mohammed Bin Salman (MBS) tahap kedua akan merenovasi  30 di Arab Saudi agar bangunan tetap kokoh walaupun ada perubahan iklim.

Seperti dikutip Saudi Gazette, Senin (29/8), masjid-masjid tersebut akan direnovasi dengan cara yang modern, sehingga kualitas material terjamin dan desain arsitektur pun sesuai dengan sejarah, karakteristik, serta fitur dari masjid yang diperbaiki.

Setidaknya ada lima masjid bersejarah di Kota Mekah yang akan direnovasi dan dikembangkan oleh lembaga tersebut antara lain:

Masjid Al-Baiah yang dibangun oleh Khalifah Abbasiyah Abu Jafar Al-Mansour merupakan tempat ibadah umat Islam bersejarah pertama yang akan direnovasi. Namun nantinya daya tampungnya tetap sama, yaitu 68 jamaah.

Kemudian Masjid Abu Inbeh di Harat Al-Sham  juga akan direnovasi namun justru mengurangi luas bangunan menjadi 335,31 meter persegi dan hanya  dapat menampung 357 jamaah.

Sebaliknya, Masjid Al-Khadr direncanakan akan ditambah luasnua menjadi 355,09 meter persegi dengan kapasitas 355 jamaah.

Masjid Al-Fath, yang diperkirakan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah shalat di masjid Al-Fath pada tahun penaklukan Mekkah juga akan direnovasi dengan luas bangunan yang semakin bertambah sekitar 553,50 meter persegi dengan kapasitas 333 jamaah. 

Terkahir adalah Masjid Al-Jubail yang luasnya akan ditambah menjadi 310 meter persegi dengan kapasitas 45 jamaah setelah pembaruan. (T/ri/RE1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.