Para Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat Atas Terpilihnya Kembali Erdogan

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Foto: AA)

Ankara, MINA – Para pemimpin dunia  mengucapkan selamat kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan setelah dia memenangkan pemilihan ulang dalam putaran kedua bersejarah yang menjadi tantangan terbesar dalam 20 tahun kekuasaannya.

Erdogan memenangkan kursi kepresidenan Turkiye dengan 52,14 persen suara, kata ketua Dewan Pemilihan Tertinggi, Ahmet Yener, pada hari Ahad (28/5).

“Dengan 99,43 persen kotak suara dibuka, saingan Erdogan Kemal Kilicdaroglu menerima 47,86 persen suara,” kata Yener. Dengan selisih lebih dari dua juta suara antar kandidat, sisa surat suara yang tidak dihitung tidak akan mengubah hasil,” tambahnya.

Pemilihan, di mana lebih dari 64 juta orang Turkiye di dalam dan luar negeri berhak untuk memilih, berlangsung di tengah krisis biaya hidup yang menyebabkan puncak inflasi mencapai 85 persen pada bulan Oktober dan gempa bumi pada bulan Februari yang menewaskan lebih dari 50.000 orang.

Erdogan, 69, yang berkuasa sejak tahun 2003, awalnya sebagai perdana menteri, menawarkan visi pembangunan lebih lanjut, berjanji untuk memperluas perbaikan yang dibuat oleh pemerintahan Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK).

Pemimpin terlama anggota NATO Turki itu diuji tidak seperti sebelumnya dalam pemilihan paling penting di negara itu dalam 100 tahun sejarahnya sebagai republik pasca-Ottoman.

Tanpa mengakui kekalahan secara resmi, Kilicdaroglu berkata: “Kesedihan saya yang sebenarnya adalah tentang kesulitan yang menunggu negara.”

Berikut ucapan para pemimpin dunia untuk Erdogan:

Persatuan negara-negara

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres telah mengucapkan selamat kepada Erdogan atas terpilihnya kembali sebagai presiden.

“Dia berharap untuk lebih memperkuat kerja sama antara Türkiye dan PBB,” kata Juru Bicara Stephane Dujarric dalam sebuah pernyataan.

Amerika Serikat

Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken telah mengirimkan ucapan selamat kepada Erdogan atas kemenangannya.

“Saya berharap untuk terus bekerja sama sebagai Sekutu NATO dalam masalah bilateral dan berbagi tantangan global,” kata Biden lewat tweet-nya.

Blinken menyebut Turkiye “Sekutu dan mitra @NATO yang berharga.”

“Saya menantikan kerja sama berkelanjutan kita dengan pemerintah yang dipilih oleh rakyat Turkiye,” katanya.

Blinken juga memuji tingkat partisipasi yang tinggi pada pemilihan hari Ahad dan “tradisi demokrasi yang panjang” di negara itu.

Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kemenangan Erdogan adalah bukti bahwa rakyat Turki menghargai “pekerjaan tanpa pamrih” dan kebijakan luar negerinya yang independen.

“Kemenangan pemilu adalah hasil alami dari kerja tanpa pamrih Anda sebagai kepala Republik Turkiye, bukti nyata dukungan rakyat Turkiye atas upaya Anda memperkuat kedaulatan negara dan menjalankan kebijakan luar negeri yang independen,” kata Putin dalam sebuah pesan kepada Erdogan.

“Kami sangat menghargai kontribusi pribadi Anda untuk memperkuat hubungan persahabatan Rusia-Turkiye dan kerja sama yang saling menguntungkan di berbagai bidang,” kata Putin.

NATO

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg juga memberi selamat kepada Erdogan atas kemenanganya melalui Twitter.

“Selamat Presiden (Erdogan) atas terpilihnya kembali Anda. Saya berharap untuk melanjutkan kerja sama kita dan mempersiapkan KTT NATO pada bulan Juli,” tweet-nya.

Qatar

Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani berharap Erdogan sukses dalam masa jabatan barunya.

“Saudaraku Recep Tayyip Erdogan, selamat atas kemenanganmu. Saya berharap Anda sukses dalam masa jabatan baru Anda dan melalui itu Anda mencapai apa yang dicita-citakan rakyat Turkiye dalam hal kemajuan dan kemakmuran dan kemajuan dan pertumbuhan untuk hubungan bilateral kita yang kuat,” ujarnya.

Ukraina

Presiden Volodymyr Zelenskyy mengucapkan selamat kepada Erdogan atas kemenangannya dan mengatakan dia mengharapkan “penguatan kemitraan strategis untuk kepentingan negara kita, serta penguatan kerja sama untuk keamanan dan stabilitas Eropa”.

Pemerintah Erdogan telah membeli sistem pertahanan rudal Rusia, yang mendorong Amerika Serikat untuk mengusir Turkiye dari proyek jet tempur yang dipimpin AS. Tetapi Ankara juga membantu menengahi kesepakatan penting yang memungkinkan pengiriman biji-bijian Ukraina dan mencegah krisis pangan global.

Jerman

Dalam ucapan selamat kepada Erdogan, Kanselir Olaf Scholz mencatat betapa “terjalinnya hubungan erat” masyarakat dan ekonomi kedua negara, menambahkan bahwa “bersama-sama kita ingin memajukan agenda bersama kita dengan dorongan baru!”

Arab Saudi

Penguasa Raja Salman mengucapkan selamat kepada Erdogan atas kemenangan presidennya, kantor berita negara itu melaporkan.

Perancis

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan Prancis dan Turkiye “akan terus bergerak maju”.

“Prancis dan Turkiye memiliki tantangan besar untuk dihadapi bersama. Kembalinya perdamaian ke Eropa, masa depan Aliansi Euro-Atlantik kita, Laut Mediterania. Bersama Presiden Erdogan, yang saya ucapkan selamat atas terpilihnya kembali, kami akan terus maju,” tulis Macron di Twitter.

Uni Eropa

Presiden Dewan Uni Eropa Charles Michel dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengucapkan selamat kepada Erdogan karena memenangkan pemilihan putaran kedua pada hari Ahad.

“Selamat @RTErdogan atas terpilihnya kembali Anda sebagai Presiden Türkiye. Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda lagi untuk memperdalam hubungan UE-TR di tahun-tahun mendatang,” kata Michel lewat tweet.

Von der Leyen juga men-tweet ucapan selamatnya.

“Saya berharap untuk terus membangun hubungan UE-Türkiye. Sangat penting secara strategis bagi UE dan Türkiye untuk bekerja memajukan hubungan ini, untuk kepentingan rakyat kami,” katanya.

Britania Raya

Perdana Menteri Rishi Sunak mengatakan dia berharap untuk melanjutkan “kolaborasi yang kuat” antara Inggris dan Turkiye termasuk “menangani ancaman keamanan sebagai sekutu NATO”.

Armenia

Perdana Menteri Nikol Pashinyan mengatakan dia berharap untuk bekerja menuju “normalisasi penuh” antara kedua negara.

Swedia

Perdana Menteri Ulf Kristersson menyampaikan ucapan selamatnya melalui Twitter, menekankan keamanan kedua negara “adalah prioritas masa depan”.

Pemerintah Erdogan memveto tawaran Swedia untuk bergabung dengan NATO setelah menuduh Stockholm menyediakan tempat berlindung yang aman bagi anggota Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dan Partai Persatuan Demokratik (PYD) di Suriah, yang keduanya dianggap oleh Ankara sebagai kelompok “teroris”.

Israel

Presiden Israel Isaac Herzog mengatakan dia “yakin”  dia dan Erdogan “akan terus bekerja sama untuk memperkuat dan memperluas hubungan baik” antara negara mereka.

Libya

Perdana Menteri Libya Abdul Hamid Dbeibah menggambarkan “kemenangan pemilu” Erdogan sebagai pembaharuan kepercayaan rakyat Turkiye terhadap proyek dan kebijakan presiden yang berhasil.

Pemerintah Persatuan Nasional yang berbasis di Dbeibah didukung oleh Turki melawan pemerintah saingan yang berbasis di timur.

Hungaria

Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban memuji “kemenangan pemilu yang tidak diragukan lagi dari Erdogan!

Palestina

Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh memuji Erdogan dan rakyat Turkiye atas “kemenangan pemilu” mereka.

Kepala kantor politik Hamas Ismail Haniyeh juga berkata: “Saya mengucapkan selamat kepada Presiden Erdogan atas kemenangannya dan saya memuji sikap beradab rakyat [Turki]. Kami menantikan dukungan [mereka] untuk tujuan kami dan Yerusalem kami.”

Azerbaijan

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev memberi selamat kepada Erdogan melalui panggilan telepon dan mengundangnya ke Baku.

Iran

Presiden Iran Ebrahim Raisi menyebut terpilihnya kembali Erdogan sebagai “tanda berlanjutnya kepercayaan yang berharga dari rakyat Turkiye”.

“Hubungan kami dengan Turkiye pada tahap selanjutnya akan berlanjut atas dasar ketetanggaan yang baik dan kepentingan bersama,” tambahnya.

Sudan

Jenderal Abdel Fattah al-Burhan, komandan militer yang memimpin tentara Sudan melawan kelompok paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF), mengucapkan selamat kepada Erdogan karena memenangkan masa jabatan baru.

Serbia

Presiden Serbia Aleksandar Vucic mengucapkan selamat kepada Erdogan dan rakyat Turkiye atas “kemenangan pemilu” mereka.

Pakistan

Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif mengatakan dalam sebuah tweet bahwa pemilihan kembali Erdogan adalah “bersejarah”.

“Dia telah menjadi pilar kekuatan bagi umat Islam yang tertindas & suara yang kuat untuk hak-hak mereka yang tidak dapat dicabut,” katanya.

Venezuela

Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengatakan dia merayakan “kemenangan” “saudara dan teman” Erdogan.

Uni Emirat Arab

Presiden UEA Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan termasuk di antara para pemimpin yang memberi selamat kepada Erdogan di Timur Tengah, di mana dia telah menegaskan pengaruh Turkiye dengan kekuatan militer saat ini.

Brazil

Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva mendoakan Erdogan “masa jabatan yang baik dengan banyak pekerjaan” untuk rakyat Turkiye.

Lula menulis di Twitter Erdogan dapat “mengandalkan kemitraan Brasil dalam kerja sama global untuk perdamaian, dalam perang melawan kemiskinan dan untuk pembangunan dunia”.

Afganistan

Maulvi Abdul Kabir, perdana menteri sementara, mengatakan: “Saya mengucapkan selamat kepada Presiden Erdogan karena memenangkan pemilihan Turkiye dan terpilih sebagai presiden Turkiye.”

Malta

Menteri Luar Negeri Malta Ian Borg berkata: “Selamat yang tulus atas kemenangan penting ini bagi Presiden Erdogan”.

Aljazair

Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune mengucapkan selamat kepada Erdogan karena memenangkan masa jabatan baru. (T/R7/P1)

 

Sumber: Aljazeera

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.