Parlemen Eropa Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Saeb Erekat

Brussel, MINA – Aliansi dari Progresif Sosialis dan Demokrat (S&D) menyampaikan pesan dukacita kepada Presiden Mahmoud Abbas atas wafatnya pejabat Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) .

“Kami menyampaikan belasungkawa yang terdalam atas meninggalnya Saeb Erekat, Sekretaris Jenderal PLO,” kata anggota Parlemen Eropa, Iratxe García Pérez.

“Erekat telah berjuang untuk rakyat Palestina, haknya untuk menentukan nasib sendiri, diakhirinya pendudukan, dan impian solusi dua negara, mengakui hak untuk hidup dalam perdamaian dan keamanan baik bagi orang Palestina maupun Israel,” katanya.

“Dengan kebijaksanaan, pandangan ke depan dan diplomasi, dia tetap berkomitmen pada negosiasi damai dan penyelesaian konflik dengan Israel, serta sangat berperan sebagai pimpinan negosiator Palestina selama lebih dari dua setengah dekade,” lanjutnya.

Dia menambahkan, Erekat meninggalkan harapan besar dalam perjuangan menuju perdamaian.

Saeb Erekat wafat pada Selasa (10/11) dalam usia 65 tahun. Ia wafat setelah lebih dari sebulan dinyatakan positif Covid-19. Sebelumnya, ia pernah menerima transplantasi paru-paru di Amerika Serikat pada Oktober 2017.

Sebelum kematiannya, dia sempat mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Hadassah Israel, Yerusalem Barat. (T/RS2/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.