Partai Demokrat AS Peringatkan Netanyahu tentang Rencana Aneksasi

Washington, MINA – Senator-Senator Partai Demokrat di Parlemen AS telah menyusun surat kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memperingatkan konsekuensi dari pengambilalihan ilegal lebih lanjut atas wilayah Palestina.

Partai Demokrat yang sedang berjuang memenangkan pemilihan Presiden AS Nopember nanti,  bergabung dengan kecaman internasional atas recanna aneksasi wilayah-wilayah Tepi Barat yang diduduki Israel. MEMO melaporkan, Rabu (17/6).

Dalam surat yang diedarkan di media sosial, disebutkan, “Pencaplokan sepihak kemungkinan akan membahayakan kemajuan signifikan Israel dalam normalisasi dengan negara-negara Arab pada saat kerjasama yang lebih dekat dapat berkontribusi dalam melawan ancaman bersama.”

Mereka menambahkan, aneksasi juga berisiko ketidakamanan di Yordania, dengan risiko tambahan yang serius bagi Israel.

Langkah ilegal ini juga bisa menciptakan masalah serius bagi Israel dengan negara-negara sahabatnya di Eropa dan mitra lainnya di seluruh dunia.”

Para penandatangan juga menunjukkan bahwa mereka “mendukung pembicaraan lanjut perjanjian perdamaian yang dinegosiasikan antara Israel dan Palestina yang menghasilkan solusi dua negara.”

Setidaknya 28 dari 47 Senator Demokrat menyatakan penentangan mereka terhadap aneksasi dalam sebuah surat kepada Netanyahu. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)