Pertama Dalam Sejarah, Partai Demokrat AS Lebih Simpati kepada Palestina daripada Israel

Pengunjuk rasa yang mengibarkan bendera Palestina dibombardir dengan gas air mata oleh tentara Israel (Foto: File/Wafa)

Washington, MINA – Sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh Gallup menunjukkan bahwa untuk pertama kalinya, Partai Demokrat di AS lebih bersimpati kepada orang Palestina daripada orang Israel, dalam perubahan bersejarah menyusul gelombang kekerasan Israel di Tepi Barat yang diduduki.

Jajak pendapat oleh perusahaan riset yang berbasis di Washington DC tersebut menunjukkan bahwa sekitar 49 persen dari mereka yang disurvei merasa lebih bersimpati terhadap warga Palestina, yang telah menjadi sasaran kekerasan dan pendudukan selama puluhan tahun sejak invasi Tepi Barat oleh Israel pada tahun 1967.

Sementara itu, 38 persen Demokrat, partai yang berkuasa di AS, mengatakan, simpati mereka kepada orang Israel, The New Arab melaporkan, Sbtu (18/3/2023).

Baca Juga:  Hamas Tuntut ICC Batalkan Surat Perintah Penangkapan Pemimpinnya

Hasil jajak pendapat menunjukkan peningkatan 11 persen simpati terhadap Palestina selama setahun terakhir, bertepatan dengan pembentukan pemerintahan sayap kanan di Israel.

Ini telah melihat jumlah Demokrat Amerika yang bersimpati dengan Israel dan mereka yang tidak mendukung satu pihak berkurang secara signifikan. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi