Pasukan Israel Serang Umat Kristen yang Akan Beribadah di Yerusalem

Pasukan Israel Serang Umat Kristen yang Akan Beribadah di Yerusalem (foto: Anadolu Agency)

Yerusalem, MINA – Pasukan keamanan Israel, Sabtu (15/4) menyerang umat Kristen Ortodoks yang ingin menghadiri upacara Api Kudus di Gereja Makam Suci di Yerusalem Timur yang diduduki, Anadolu Agency melaporkan.

Umat ​​Kristen Ortodoks berkumpul di Christian Quarters di Kota Tua Yerusalem membawa lilin, salib kayu, dan pedang simbolis di tangan mereka, menurut seorang reporter Anadolu.

Namun, beberapa orang Kristen yang ingin menghadiri upacara tersebut dicegah oleh polisi Israel di jalan-jalan sempit menuju gereja.

Polisi Israel mendirikan barikade besi untuk mencegah jamaah Kristen lewat, termasuk banyak lansia dan wanita. Hanya beberapa pendeta dan sejumlah kecil orang Kristen Ortodoks yang diizinkan melanjutkan ke gereja.

Baca Juga:  Netanyahu Klaim Tidak Ada Krisis Kemanusiaan di Rafah

Seorang pendeta Kristen termasuk di antara mereka dipukuli oleh polisi Israel, sementara seorang lainnya pingsan.

Polisi Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ribuan orang berada di Kota Tua Yerusalem untuk menghadiri ritual Api Kudus dan pasukan polisi bekerja untuk menyediakan lingkungan yang aman bagi mereka yang menghadiri kebaktian tersebut.

Pernyataan itu tidak menyebutkan adanya kekerasan polisi terhadap umat Kristen.

Komite Status Quo Gereja-Gereja di Yerusalem memperingatkan dalam sebuah pernyataan tentang pembatasan polisi Israel atas partisipasi dalam upacara Api Kudus.

Otoritas Palestina mengutuk pembatasan Israel sebagai tantangan yang arogan dan berbahaya bagi agama-agama samawi. (T/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi