PAUD Merupakan Pondasi dalam Membangun Karakter Bangsa

UPI Bandung

Bandung, 18 Jumadil Akhir 1437/23 Maret 2016 (MINA) – merupakan layanan yang sangat mendasar untuk menyiapkan anak-anak yang memiliki kecerdasan dalam segala aspek perkembangannya, oleh karena itu perlu dilakukan stimulasi secara terprogram, kemudian holistik dan integratif.

Hal ini disampakan Ketua Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) FIP UPI Bandung, Badru Zaman dalam sambutannya pada acara PGPAUD EXPO 2016. Demikian laporan laman resmi UPI Bandung yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

PGPAUD EXPO 2016 diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (Hima PGPAUD FIP UPI) dengan tema “Live Long Investment”.

Seminar dan Talkshow mengawali kegiatan rangkaian acara expo ini dengan menghadirkan Ketua Prodi Pasca Sarjana PGPAUD, Vina Adriany dan Managing Director PT. Tibis Sinergi, Psikolog Anak, Tika Bisono, keduanya berbicara dalam tema “Pentingnya Memahami Golden Age untuk Menyukseskan Pola Asuh Anak” di Gedung Ahmad Sanusi Kampus UPI Jalan Dr. Setiabudhi Nomor 229 Bandung.

Badru menjelaskan, “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh mahasiswa yang tergabung dalam Hima PGPAUD FIP UPI. Ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Hima, tahun ini mengusung tema Live Long Investment.”

“Makna yang terkandung dalam tema tersebut adalah karena hal ini terkait dengan posisi strategis pendidikan anak usia dini (PAUD ) dalam menyiapkan generasi unggul di masa yang akan datang, sehingga mereka diharapkan mampu berkiprah dalam iklim persaingan global yang lebih kompetitif,” tambahnya.

Lebih lanjut dijelaskan, sasaran kegiatan ini diarahkan kepada masyarakat umum, sehingga mereka memperoleh pemahaman yang utuh tentang posisi strategis PAUD di Indonesia. Selain itu, kegiatan ini diarahkan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam rangka mengorganisasikan kegiatan yang bertujuan untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya PAUD.

Hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya Dekan FIP UPI Ahman, Kepala Divisi Kerjasama dan Hubungan Alumni Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan UPI Mufid Hidayat, dan Presiden BEM REMA UPI Muhammad Guntur Purwanto.

Panitia kegiatan menampilkan tari tradisional, CC Voice dan Angklung EXPERIA dari Unit Kegiatan Minat dan Bakat HIMA PGPAUD. Dalam kesempatan yang sama, diresmikan juga kegiatan Gerakan Peduli Anak dengan melakukan finger painting. Rangkaian acara PGPAUD EXPO 2016 ini diselenggarakan selama tiga hari, mulai dari tanggal 22, 23, 24 Maret  2016. (T/P006/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.