Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PBB Tegaskan Israel Lakukan Kejahatan Kemanusiaan di Gaza

sri astuti - Jumat, 1 Maret 2019 - 16:14 WIB

Jumat, 1 Maret 2019 - 16:14 WIB

2 Views

(dok foto: Anadolu Agency)

Gaza, MINA – PBB pada Kamis (28/2) menegaskan, berdasarkan penyelidikan, ada bukti Israel melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan ketika pasukannya menanggapi protes di Gaza pada tahun 2018.

Penembak jitu Israel menargetkan orang-orang yang dengan jelas dapat diidentifikasi sebagai anak-anak, pekerja kesehatan, jurnalis dan orang-orang cacat, demikian Palinfo melaporkan

“Tentara Israel melakukan pelanggaran hak asasi manusia internasional dan hukum kemanusiaan. Beberapa dari pelanggaran itu mungkin merupakan kejahatan perang atau kejahatan terhadap kemanusiaan,” kata Santiago Canton, Ketua Komisi Penyelidikan Independen PBB tentang protes di wilayah Palestina yang diduduki, dalam sebuah pernyataan.

Penyelidikan yang dibentuk oleh Dewan Hak Asasi Manusia PBB, menyelidiki adanya kemungkinan pelanggaran sejak awal protes pada 30 Maret 2018, hingga 31 Desember.

Baca Juga: Hamas: Resolusi PBB Tunjukkan Isolasi Dunia terhadap Israel

“Lebih dari 6.000 demonstran tidak bersenjata ditembak oleh penembak jitu militer, pekan demi pekan di lokasi-lokasi protes,” lanjut Canton.

Para penyelidik menyebutkan, ada alasan yang masuk akal untuk percaya bahwa pasukan Israel, membunuh dan melukai orang-orang Palestina yang tidak secara langsung berpartisipasi dalam permusuhan, atau menimbulkan ancaman yang akan segera terjadi.

Tim PBB  menolak klaim Israel bahwa protes itu bertujuan untuk menyembunyikan aksi terorisme, yaitu penembakan, serangan granat dan bom, serta pelanggaran pagar perbatasan.

PBB juga menyatakan, demonstrasi itu bersifat sipil, dengan tujuan politik yang dinyatakan secara jelas, meskipun ada beberapa tindakan kekerasan yang signifikan, Komisi menemukan bahwa demonstrasi itu bukan pertempuran atau kampanye militer.(T/Ast/RI-1)

Baca Juga: Masuk Jebakan Al-Qasam Tentara Israel Tewas di Rafah

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Breaking News
Palestina
Palestina
Breaking News
Indonesia
MINA Preneur
MINA Preneur
MINA Health
MINA Health