Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional 2019 Akan Digelar di Jakarta

, MINA – Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVI tahun 2019 akan diselenggarakan di Jakarta. Ajang olahraga mahasiswa terbesar di Indonesia itu akan berlangsung selama sepekan dari tanggal 19-26 September 2019.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan, pihaknya memberikan kepercayaan kepada DKI Jakarta untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan POMNAS XVI tahun 2019.

“Kita ada kerja sama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia, karena nanti akan menghasilkan bibit-bibit pemain atau atlet-atlet di Indonesia, berbagai cabang olahraga. Nanti kalau ini bisa kerja sama dengan baik, bisa menjadi pemain-pemain yang akan direkrut oleh daerah masing-masing, bahkan mungkin bisa menjadi pemain nasional,” ujar Mohamad Nasir
saat Jumpa Pers di Auditorium Lantai 2 Gedung D Kemenristekdikti pada Jumat (13/9).

POMNAS XVI Jakarta 2019 akan diikuti oleh 33 provinsi (kecuali Sulawesi Barat yang mahasiswanya belum banyak menjadi atlet), melibatkan kurang lebih 3.404 atlet dan 1.337 official.

Para atlet akan bertanding di 19 cabang olahraga yang memperebutkan 713 medali dalam 18 venue atau lokasi pertandingan yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta. Selain itu, pada POMNAS XVI Jakarta 2019 kali ini akan mempertandingkan empat cabang olahraga eksebisi, yaitu angkat besi, bola tangan, cricket dan e-sport.

“E-Sport akan dimasukkan dalam kaitan eksibisi. Tujuannya dikenalkan kepada publik. Ini kita di era digital. Dimungkinkan juga itu akan terjadi dalam kompetisi juga. Oleh karena itu, kali ini dimasukkan dalam eksibisi,” ujar Nasir.

Ia berharap, jika nanti E-Sport di eksibisi semua bisa terlibat, memahami, dan tidak ada perbedaan yang signifikan, semoga di tahun berikutnya dapat masuk dalam pekan olahraga juga.

Pekan Olahraga Nasional (POMNAS) adalah ajang olahraga nasional antarprovinsi untuk mahasiswa perguruan tinggi tingkat sarjana dan diploma di Indonesia. POMNAS diadakan setiap 2 tahun sekali. (T/Ais/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.